get app
inews
Aa Read Next : Muslim Wajib Tahu! Ini Larangan bagi Orang yang Ingin Berkurban, Lengkap dengan Dalilnya

Tim Dokter Diturunkan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Kamis, 24 Juni 2021 | 14:39 WIB
header img
Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sadjidin. Foto : lintasbabel.id/Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah akan menurunkan tim dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di berbagai titik di wilayah Bangka Tengah. 

Hal ini guna memastikan hewan kurban di Kabupaten Bangka Tengah sehat dan layak dikonsumsi oleh masyarakat. 

"Saat ini kita telah siap untuk memeriksa hewan kurban yang dijual di berbagai tempat di wilayah kita. Kita juga akan menurunkan tim dokter Kabupaten dibantu dokter hewan yang ada di setiap kecamatan, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Sadjidin pada Kamis (24/06/2021).

Dalam pemeriksaan tersebut, tim dokter melakukan pemeriksaan kesehatan awal, dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah dilakukan pemotongan.

"Dua minggu sebelum pelaksananan Hari Raya Idul Adha kita melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, baik di rumah ternak hewan dan di tempat-tempat penjualan hewan kurban," ujarnya.

"Selain itu, sebelum dilakukan pemotongan hewan kurban, akan dilakukan pemeriksaan post mortem hewan dan setelah pemotongan hewan kurban akan dilakukan pemeriksanan antemortem oleh tim dokter kita," imbuh Sadjidin.

Menurut Sadjidin, jika nantinya ditemukan adanya hewan kurban yang sakit dan tidak layak konsumsi, maka tim dokter tidak akan merekomendasikan untuk  hewan tersebut dipotong atau dikonsumsi.

Sementara itu, di Kabupaten Bangka Tengah sendiri, saat ini ketersediaan sapi untuk lebaran kurban sebanyak 600 ekor.

"Saat ini ketersedian sapi kurban yang tersebar di sejumlah rumah jagal atau rumah ternak sapi di wilayah kita sebanyak 600 ekor. Selain itu juga ditambah ketersediaan sapi siap jual, yang ada di peternak sapi lokal sebanyak lebih dari 160 ekor," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut