get app
inews
Aa Read Next : Kantor Redaksi Jubi Diteror Bom Molotov, IJTI Papua Maluku: Serangan Langsung bagi Kebebasan Pers

Kisah Misterius Orang Bunian di Tanah Melayu, Menggoda Manusia dengan Aroma Masakan

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:02 WIB
header img
Hutan di Pedalaman Kalimantan (dok MPI/Tsabita)

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Kisah tentang orang Bunian sudah meluas di kalangan masyarakat melayu, seperti di Sumatera, Kalimantan serta Malaysia. Orang Bunian disini disebut sebagai sosok makhluk halus yang kerap menggoda sampai menculik manusia. Kisah tentang orang Bunian sampai saat ini masih menjadi misteri.

Mitos yang berkembang, ciri-ciri orang Bunian serupa seperti manusia, memiliki tangan, kaki, kepala dan orang-organ tubuh seperti manusia. Perbedaanya adalah orang Bunian hidup di alam atau dimensi berbeda dengan manusia.

Banyak yang percaya jika makhluk legendaris ini tinggal di tempat-tempat terpencil seperti di tengah hutan, bukit-bukit tinggi, perkuburan atau bangunan-bangunan tua yang telah ditinggalkan begitu saja dalam waktu yang lama.

Orang Bunian sendiri dipercaya bukan makhluk gaib yang primitif, melainkan sudah punya struktur yang kompleks. Bagi mereka yang bisa melihat hal-hal gaib, dapat mampu menyaksikan kehidupan orang-orang Bunian yang kurang lebih seperti manusia pada umumnya. Mereka juga berjualan, menikah, bahkan katanya memiliki semacam kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja.

Bagi masyarakat Kalimantan Barat, Bunian sudah tentu bukan barang asing. Namun, mereka hanya dapat dilihat ketika mau menampakkan diri. Ketika menampakkan diri, mereka berwujud menyerupai manusia dengan paras yang rupawan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut