get app
inews
Aa Read Next : Akhir Pekan Ini Gibran Dijadwalkan Kunjungi Bangka Belitung

Pelaku UMKM Babel Dibekali Ilmu Ekonomi Digital Syariah

Jum'at, 10 Desember 2021 | 10:45 WIB
header img
Pelaku UMKM Babel Dibekali Ilmu Ekonomi Digital Syariah. (Foto : ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Era disrupsi tidak dapat dihindari terlebih sejak pandemi Covid-19 melanda, semua tatanan dengan cepat beralih ke pemanfaatan teknologi digital, tidak terkecuali sektor UMKM. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan dalam ekonomi digital, para pelaku UMKM harus mau dan mampu bertransformasi.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah saat menjadi Keynote Speaker, pada Kegiatan Seminar Nasional Optimalisasi Potensi Ekonomi Digital Syariah Bagi Pelaku UMKM di Era Pandemi yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Novotel, Kamis (9/12/2021).

"UMKM punya andil besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional tidak terkecuali Kepulauan Bangka Belitung. Pertumbuhan ekonomi Babel pada triwulan III Tahun 2021 mampu tumbuh sebesai 6,11 persen (y on y). Pertumbuhan ini menjadi pertumbuhan tertinggi untuk wilayah Sumatera," kata Abdul Fattah.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri terus berupaya mendorong pertumbuhan sektor UMKM mengingat 98,3 persen pengguna internet menggunakan smartphone dan 75 persen pembeli online Indonesia menggunakan smartphone.

"Pemprov Babel kemudian bekerja sama dengan beberapa e-commerce besar untuk memasarkan produk UMKM Babel. Tidak hanya itu, kami juga melibatkan komunitas serta stakeholders untuk memberi pelatihan-pelatihan digital. Karena untuk bisa bersaing dan bertahan, pelaku UMKM harus memiliki kompetensi di bidang digital," katanya kepada peserta seminar.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut