get app
inews
Aa Read Next : Jenazah Aiptu Anumerta Joko Mudo, Kru Helikopter P-1103 Diterbangkan ke Jakarta 

Helikopter P-1103 yang Hilang Kontak di Pulau Belitung Dibuat di Bandung, Begini Spesifikasinya

Minggu, 27 November 2022 | 19:21 WIB
header img
Helikopter P-1103 hilang kontak di perairan Manggar Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Minggu (27/11/2022) sore. Foto: JetPhoto/ Fauzan Risyadi

BO-105 milik Indonesia diperoleh dari merakit sendiri di Bandung. Proses tersebut dimungkinkan setelah Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN, kini PT DI/PT Dirgantara Indonesia) mendapat lisensi dari MBB. Dari keseluruhan pesawat, hanya rotor dan transmisi yg disuplai oleh Jerman.

Pemerintah Indonesia menambahkan huruf N di depan helikopter ini yang pantas menjadi NBO-105. Semua produksi PT DI kemudian dinamai NBO-105, sebagaimana pesawat CASA C-212 menjadi CN-212.

Di kawasan Asia Tenggara sendiri, hanya Filipina dan Indonesia yang masih mengoperasikan heli yang setengah abad lalu jadi heli revolusioner pertama di dunia tersebut. Filipina tinggal memiliki satu unit B0-105 yang dioperasikan Resimen Penerbangan Angkatan Darat “Hiraya”. Satu-satunya Bo-105 milik AD Filipina itu berasal dari hibah taipan Manuel Velez Pangilinan pada Januari 2021. 

Menukil World Air Forces edisi 2022, militer Indonesia masih mengoperasikan 22 BO-105, yakni 8 unit berada di Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal), 12 unit di Pusat Penerbangan TNI AD (Puspenerbad), dan dua unit di TNI AU dioperasikan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut