get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

22 tahun Babel, Infrastruktur dan Kualitas SDM Jadi Perhatian

Selasa, 22 November 2022 | 17:07 WIB
header img
PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Usia 22 tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), infrastruktur dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masih menjadi perhatian. Hal itu dikarenakan masih rendahnya masa usia pendidikan di Babel. 

"Persoalan yang masih kita hadapi didalam usia 22 tahun ini, adalah persoalan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur," ujar Penjabat Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin.

Ridwan menuturkan, sejumlah hal yang menyebabkan timbulnya permasalahan SDM dan infrastruktur di Babel, dipengaruhi angka stunting tinggi dan angka partisipasi lama sekolah masih rendah.

"Masih rendahnya rata-rata lamanya sekolah yaitu 8,04 tahun dari target nasional sebesar 12 tahun sejak tahun 2024. Masalah stunting yang sampai saat ini masih menunjukkan angka 18 persen dari target 14 persen secara nasional, haruslah disikapi dengan intervensi kebijakan yang terintergrasi dan komprehensif," jelas Ridwan.

Sementara itu, dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemprov Kepulauan Babel akan terus menggerakkan berbagai sektor potensi yang ada. Termasuk meningkatkan kembali geliat UMKM dan kepariwisataan, pertanian dan perkebunan untuk menghadapi era pasca tambang 

"Kebijakan ekonomi ini harus menjadi penyelesaian permasalahan yang dihadapi di Bangka Belitung ini," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut