get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa PWK UBB Gelar Bakti Sosial, Sosialisasi Etika dan Moral di Panti Asuhan Aisyiyah

Berdirinya Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia di Pangkalpinang

Selasa, 07 Desember 2021 | 14:17 WIB
header img
Trikasih Munthe, mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UBB. (Foto: Dok)

GERAKAN Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) adalah organisasi kemahasiswaan yang didirikan pada tanggal 9 Februari 1950.

Nilai yang menjadi kelebihan GMKI adalah berdoa, bersaksi, bersekutu, berkreasi, dan belajar. Selain nilai, GMKI juga memiliki prinsip yaitu, kemamhasiswaanya, kekristenannya, ke Indonesiannya. GMKI juga memiliki tri panji yaitu, tinggi iman, tinggi ilmu dan tinggi pengabdian. GMKI bukanlah organisasi yang bersifat politik, tetapi organisasi yang bersifat gerejawi.

Pada dasarnya, organisasi kemahasiswaan semuanya pasti bertujuan untuk mendidik anggotanya supaya anggota siap untuk bersaing di masyarakat. GMKI tidak jauh berbeda dengan organisasi kemahasiswaan lainnya, tetapi GMKI mempunyai kelebihan yaitu memiliki jaringan diseluruh Indonesia. GMKI adalah dan harus menjadi pelopor dari semua kebaktian yang akan dan mungkin harus dilakukan di Indonesia. GMKI menjadi suatu pusat sekolah latihan (leershool) dari orang-orang yang mau bertanggungjawab, atas segala sesuatu yang mengenai kepentingan dan kebaikan negara dan bangsa Indonesia.

GMKI kemudian berkembang dengan berdirinya cabang-cabang GMKI di berbagai wilayah Indonesia. Dalam transisi kepemimpinan nasional di era Ode Lama, Orde Baru, era Reformasi dan pada masa kini, GMKI mencoba memainkan perannya sebagai wujud semangat nasionalisme dan ekumenisme. Salah satunya yaitu cabang Pangkalpinang.

Pendiri GMKI cabang Pangkalpinang adalah Goklas Hutagaol dan alasannya mendirikan adalah karena tidak adanya wadah untuk mahasiswa Kristen di Bangka khususnya Pangkalpinang. Kita ketahui, selama ini mahasiswa Kristen tidak ada yang memperhatikan karena greja pun dengan kesibukan masing-masing, dan dulu mahasiswa Kristen di beberapa kampus tidak terlalu diperhitungkan oleh mahasiswa lainnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut