get app
inews
Aa Read Next : Rusia Tangkap Jenderal Sergey, Disebut-sebut Dalang Kudeta

Zolfaghar, Rudal Buatan Iran yang Bikin Rusia Kesengsem 

Rabu, 09 November 2022 | 21:46 WIB
header img
Rudal balistik Zolfaghar buatan Iran yang akan dibeli Rusia. Foto : wikipedia.org

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Rusia dikabarkan tertarik memborong rudal Zolfaghar buatan Iran, untuk menggantikan rudal Iskander yang mulai menipis stoknya di gudang amunisi Rusia. Zolfaghar sendiri merupakan rudal balistik jarak dekat (sort range balistic misille/SRBM) yang diyakini sebagai hasil pengembangan dari rudal presisi Fateh-110 buatan Iran. 

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Intelijen kementerian Pertahanan Ukraina melaporkan bahwa Rusia sudah mengantongi kesepakatan untuk mengimport rudal Fateh-110 dan Zoflaghar dari Iran. 

Walaupun dikenal sebagai salah satu produsen persenjataan terbesar didunia, namun ternyata Rusia tidak memiliki cukup rudal presisi untuk melanjutkan peramg invasi ke Ukraina, yang didukung besar-besaran oleh NATO dan sebagian negara Baltik. 

Perang yang berlangsung hampir 9 bulan ini belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, sehingga membuat Kremlin mulai mendatangkan persenjataan dari luar dan Iran sepertinya telah dipilih presiden Putin untuk mengisi gudang persenjataan Rusia. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut