get app
inews
Aa Read Next : Film 20 Days in Mariupol Raih Piala Oscar Kategori Dokumenter Terbaik

Bukan NATO, Tapi Ini Ancaman yang Ditakuti Rusia

Minggu, 06 November 2022 | 18:22 WIB
header img
Presiden Putin saat berbicara tentang ancaman pembentukan Intermarium. Foto: tangkapan layar video twitter Visegrad24.

MOSKOW, Lintasbabel.iNews.id - Pakta Pertahanan Atlantik Utara alias NATO yang sejak perang dingin dianggap sebagai seteru abadi Rusia ternyata tidak pernah dianggap sebagai ancaman yang sesungguhnya oleh Rusia. Menurut Putin, tanda-tanda kemunculan blok kekuatan baru yang disebutnya sebagai great nation atau intermarium, justru diwaspadai karena sejarah konflik yang terjadi dengan Rusia dimasa lampau. 

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah pidatonya yang ditayangkan salah satu stasiun TV di Rusia dan dikutip oleh Visegrad24, mengungkapkan kekhawatirannya atas gagasan pembentukan negara great besar Intermarium yang mencakup Polandia, Ukraina, Finlandia,  Belarusia dan Swedia. Sebuah negara atau blok kekuatan baru yang akan menyatukan dan terbentang dari laut Baltik hingga laut Hitam. 

Putin menuding, Polandia sedang menjalankan misi besar berbalut bantuan besar-besaran terhadap Ukraina yang sedang berperang menghadapi agresi Rusia. Putin menilai, bantuan tersebut justru merupakan umpan jebakan agar Ukraina terlena dan bersedia menyatukan negara dengan Polandia, demi mewujudkan Great Nation Intermarium. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut