get app
inews
Aa Read Next : Hizbullah Lebanon Klaim Hancurkan 119 Tank Merkava Kebanggaan Israel

Presiden Lebanon Michel Aoun Mundur Saat Negaranya Dilanda Krisis

Senin, 31 Oktober 2022 | 17:09 WIB
header img
Michel Aoun mundur sebagai presiden Lebanon. Foto: Reuters.

BAABDA, Lintasbabel.iNews.id - Presiden Lebanon Michel Aoun mundur dari jabatannya. Aoun mengundurkan diri dari Presiden diumur 89 tahun dan di tengah krisis yang memimpa negara Timur Tengah itu. 

Dia meninggalkan Istana Baabda, Minggu (30/10/2022), disambut para pendukung. Aoun memimpin saat Lebanon melalui masa-masa sulit, dari krisis keuangan sampai ledakan dahsyat di Beirut.

Atas pengunduran Aoun, Parlemen Lebanon sejauh ini belum menyepakati penggantinya. Lebanon saat ini diperintah oleh kabinet sementara setelah perdana menteri gagal membentuk pemerintahan meski sudah berlangsung 6 bulan.

Sementara itu puluhan pendukung Aoun berkumpul di Istana Baabda untuk mengucapkan selamat tinggal. Mereka mengenakan pakaian oranye simbol dari Partai Gerakan Patriotik Kebebasan serta foto sang presiden.

Seorang pria 73 tahun pendukung Aoun datang mengenakan seragam tentara yang pernah dia gunakan saat bertugas di militer. Dia berharap Aoun bertahan 3 tahun lagi, namun kenyataan berkata lain.

Bahkan ada remaja 16 tahun, Therese Younes, yang ikut datang. Dia mendukung Aoun sejak berusia 8 tahun sehingga sedih dengan pengunduran tersebut.

"Jika saya berusia 18 tahun, saya akan tinggalkan negara ini. Tidak ada Lebanon yang tersisa setelah Michel Aoun," kata Younes.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut