get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Siswa SD Kecamatan Namang dan Simpang Katis Ikuti Pelatihan Dokter Cilik

Ngaku Dokter Kandungan, Pria Asal Malaysia Ditangkap Polisi Singapura

Rabu, 26 Oktober 2022 | 20:51 WIB
header img
Menyamar sebagai seorang dokter kandungan perempuan pria asal Malaysia ditangkap polisi Singapura. Foto: Ilustrasi/ ist.

SINGAPURA, Lintasbabel.iNews.id - Menyamar sebagai seorang dokter kandungan perempuan pria asal Malaysia ditangkap polisi Singapura. Pria itu bernama Ooi Chuen Wei (37) dan dari hasil penipuan itu, pelaku mengumpulkan 900 lebih foto dan video organ intim 35 korbannya sebagai koleksi.

Ooi ditangkap polisi setelah mengaku sebagai perempuan dokter kandungan di Gleneagles Medical Singapore dan membuka praktik telemedicine. 

Dalam persidangan, pelaku mengaku bersalah atas enam tuduhan personifikasi dokter kandungan dan dijatuhi hukuman penjara 40 bulan dalam sidang pada Rabu (26/10/2022). Selain itu ada 15 tuduhan serupa lainnya yang masih dalam pertimbangan.

Ternyata, Ooi sudah menjalankan praktik ini pertama kali pada akhir 2016. Berawal dari palaku membuat profil Facebook atas nama dr Janice Lee Yan Hooi dari Gleneagles Medical Singapore. Foto yang dia gunakan dalam profilnya juga palsu, yakni seorang perempuan Malaysia.

Tak hanya itu, Dia juga menambahkan banyak teman di akun Facebook palsu tersebut agar operasinya berjalan rapi. Hal yang sama dia lakukan di Instagram dan LinkedIn.

Begitu mendapat korban, dia menghubungi mereka secara pribadi dengan mengaku sebagai dr Lee. Setelah memperkenalkan diri, Ooi menawarkan berbagai layanan konsultasi kesehatan, seperti perawatan payudara dan vagina. 

Ooi mengirim petunjuk cara melakukan pijatan payudara dan area organ intim. Setelah itu dia meminta para korban mengirim video praktik tersebut. Alasannya dengan melihat video, dia bisa mendiagnosis masalah kesehatan yang dialami korban sehingga bisa memberikan nasihat rencana perawatan.

Pelaku menolak berkomunikasi langsung dengan para korban untuk menyembunyikan penyamarannya.

“Ini pada dasarnya adalah penipuan telemedicine oleh terdakwa. Terdakwa mengunduh dan menyimpan video dan foto setelah dia menerimanya. Para korban percaya begitu saja atas kebohongan terdakwa," kata Wakil Jaksa Penuntut Umum R Arvindren, dikutip dari The Straits Times.

Selama beroperasi pada 2018 hingga 2021, dia mendapat 35 korban yang mengirim total 919 foto dan video.

Kasus ini terungkap pada 2021 setelah seorang korban curiga lalu melapor polisi. Ooi kemudian ditangkap pada 11 November 2021.

Hakim Pengadilan Distrik Luke Tan mengatakan banyak korban penipuan Ooi dalam periode lama.

Berdasarkan hukum di Singapura, pelaku penipuan identitas bisa dipenjara maksimal 5 tahun dan/atau denda.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Pria Ini Ngaku Dokter Kandungan demi Lihat Organ Intim Perempuan, Kumpulkan Ratusan Foto dan Video ".
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut