get app
inews
Aa Read Next : 8 Contoh Teks Analytical Exposition Terbaru 2022, Lengkap dengan Strukturnya

Contoh Teks Hikayat, Lengkap dengan Jenis dan Ciri-cirinya

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:14 WIB
header img
Contoh teks hikayat, lengkap dengan jenis dan ciri-cirinya. Foto: net

3. Hikayat Hang Tuah

Sekali peristiwa ada seorang raja keinderaan. Maka raja itu terlalu besar kerajaannya, pada segala raja indera seorang pun tiada menyamai dia; sekaliannya menurut titahnya baginda itu. Syahdan apabila baginda ke luar, dihadap oleh segala raja-raja dan menteri hulubalang, maka beberapa pedang yang sudah terhunus kepada kiri kanan baginda itu, dan beberapa puluh bentara yang memangku pedang yang berikatkan emas, bertatahkan ratna mutu manikam. Apabila baginda bertitah pada segala raja-raja dan menteri di kanan, maka bentara kanan menyampaikan titah baginda itu.

Maka apabila baginda memandang ke kiri bertitah, maka bentara kirilah menyampaikan titah baginda itu. Maka apabila baginda memandang ke kanan, maka segala raja-raja dan menteri sekalian menyembah, apabila baginda berpaling ke kiri, maka sekalian laja-raja dan menteri di kiri semuanya menyembah baginda itu. Adapun nama baginda itu Sang Pertala Dewa. 

Adapun Sang Potala Dewa itu tahu akan dirinya akan memperoleh anak. Maka anaknya itulah akan menjadi raja di Bukit Seguntang. Maka dari pada anak cucu baginda itu, menjadi raja besar-besar pada akhir zaman. Maka tersebutlah pula perkataan seorang raja, terlalu besar kerajaannya;maka istri baginda itupun hamillah. Setelah genaplah bulannya, maka permaisuri pun betanaklah seorang perempuan, terlalu amat elok rupanya dan kelakuannya. Pada masa zaman itu, seorang pun tiada menyamai rupanya anak raja itu. Maka dinamai deh ayahanda bunda baginda tuan puteri Kemala Ratna Pelinggam. Maka dipeliharakan deh paduka ayahanda bunda baginda dengan sepertinya.

Syahdan maka paduka ayahanda bunda pun terlalu amat kasih akan anakanda baginda itu. Hatta berapa lama, maka beberapa anak laja-raja datanglah hendak meminang tuan puteri itu, akan tetapi tiada diberi oleh paduka bunda baginda, karena segala raja-raja yang hendak meminang itu tiada sama dengan bangsa baginda itu, karena bundanya itu raja keinderaan.

(Sumber: Hikayat Hang Tuah I. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional. 2010)

Pesan Moral:

Bersikap baiklah pada setiap waktu pada orang lain karena kamu tidak akan tahu kelak seseorang tersebut akan menjadi siapa di kehidupanmu.

 

Itulah tadi contoh teks hikayat lengkap dengan jenis dan ciri-cirinya, semoga bermanfaat!

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ciri-ciri Hikayat, Pengertian, Jenis dan Contohnya Lengkap "

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut