get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa PWK UBB Gelar Bakti Sosial, Sosialisasi Etika dan Moral di Panti Asuhan Aisyiyah

Dies Natalis ke-18 IAIN SAS Babel, Siapkah IAIN Bertransformasi Menuju UIN di tahun 2025

Rabu, 19 Oktober 2022 | 07:10 WIB
header img
Okta Renaldi/ Dema IAIN SAS Babel. Foto: Dokumen Pribadi.

Sejarah mencatat 17 tahun sudah kelahiran Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS) Bangka Belitung (Babel) melalui perjalanan serta dinamika yang sangat panjang dimulai melalui para tokoh-tokoh pendidikan agama islam yang berinisiatif untuk mendirikan Sekolah Ilmu Tarbiyah (STIT) yang didasari berbagai pertimbangan. Kemudian berbagai administrasi serta akademiknya sendiri masih mengacu pada jurusan tarbiyah IAIN Raden Fatah, setelah melalui berbagai perjalan yang sangat panjang melalui surat keputusan Menteri Agama RI no 11 Tahun 1989 dan tahun 1994/1995 diubah menjadi STAI.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) menggabungkan antara STIT dan STID dan menjadikan STIT sendiri menjadi jurusan Pendidikan Agama Islam dan STID menjadi jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). STAI YPIB sendiri berkedudukan di Sungailiat yang menempati gedung kantor eks Bupati Kabupaten Bangka.

Setelah, melalui rangkaian yang sangat panjang kurang lebih 2 tahun 5 bulan, tepat di tanggal 18 Oktober 2004 STAI YPIB secara resmi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, berdasarkan surat keputusan presiden no 93 tahun 2004. 

Kehadiran STAIN SAS Babel sendiri sangat disyukuri masyarakat, kemudian di tahun 2008/2009 meluluskan angkatan pertama dengan jumlah 249 orang. Dan minat dari masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi islam negeri sendiri seiring dengan berjalannya waktu menambah dengan pesat.

Sehingga pada tahun 2008 dikarenakan tidak lagi mampu menampung jumlah mahasiswa dan tidak kondusif bagi aktivitas kampus sendiri kemudian dipindahkan ke kampus baru yang berada di Desa Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. Bangunan yang dapat dipakai sendiri hanyalah gedung perpustakaan, gedung kuliah (sekarang gedung Fak. Dakwah dan Komunikasi Islam), dan 1 gedung Ubinsa. 

Dalam perjalanannya, STAIN SAS Babel sudah berapa kali berganti pucuk pimpinan (ketua). Selama kurang lebih 10 tahun nama STAIN SAS Babel bergerilya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, banyaknya pujian serta diimbangi dengan cibiran, pujian sebagai perguruan tinggi agama islam pertama yang ada diBangka Belitung dll. Seiring dengan banyaknya pujian dan cibirian transformasi untuk peralihan status dari Sekolah tinggi menjadi Institu dilakukan di penghujung tahun 2018.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut