get app
inews
Aa Read Next : Sah! Mahkamah Konstitusi Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Kisah Gus Dur Tak Dikenali Saat Menelpon Staf Kementerian, Abdurrahman Wahid Siapa?

Selasa, 30 November 2021 | 13:36 WIB
header img
KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Cybergusdurian)

KIAI Haji Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur dikenal sebagai ulama yang hobi bercerita humor. Namun, guyonnya itu tidak sekadar lucu, tapi juga penuh makna di dalamnya.

Sebagaimana dikutip dari buku 'Tertawa Bersama Gus Presiden Dur', Selasa (30/11/2021), pernah suatu hari ketika Gus Dur berada di ruang kerjanya, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Gus Dur kala itu tengah menerima tamu yaitu Mohammad Sobary, peneliti dari LIPI, kolumnis, dan pernah menjadi pemimpin kantor berita nasional. Hadir juga Djohan Effendi, yang saat itu menjabat kepala Litbang Departemen/Kementerian Agama.

Keduanya cukup akrab. Hampir sepanjang hari Gus Dur berbincang-bincang dengan kedua sahabatnya tersebut. Sobary pernah berkesempatan menjadi moderator, saat berlangsung dialog antara Gus Dur dengan masyarakat seusai Sholat Jumat, di Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan.

Kemudian Sobary lantas mengulang cerita Gus Dur tentang hal lucu, yang terjadi di sekitar Gus Dur selama masa istirahat. Sebelum Sholat Jumat, Gus Dur dari ruang kerjanya menelepon Menteri Agama di kantornya.

Ketika Gus Dur menelepon, orang yang mengangkat telepon di Kantor Menteri Agama adalah seorang staf. Namun yang membuat lucu, staf menteri itu tidak mengenali siapa yang meneleponnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut