get app
inews
Aa Read Next : Presiden El Salvador Sesumbar Bisa Jinakkan Kelompok Houthi Yaman

Indonesia Tolak Usulan AS Gelar Debat Isu Uighur di Dewan HAM PBB

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 19:00 WIB
header img
Kaum muslim Uighur di Xinjiang, China. Foto: Dok. 2018.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id  – Amerika Serikat mengusulkan debat Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Usulan debat mengenai isu Uighur di Xinjiang, China itu ditolak Indonesia.

“Indonesia tidak dalam posisi untuk mendukung rancangan keputusan mengenai penyelenggaraan debat tentang situasi HAM di Wilayah Otonomi Xinjiang Uighur,” ungkap Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Febrian A Ruddyard, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Febrian menjelaskan terkait penolakan tersebut. Lanjut dia, didasarkan pada pertimbangan bahwa pendekatan yang diajukan oleh negara pengusung dalam Dewan HAM PBB tidak akan menghasilkan kemajuan yang berarti. Ini terutama karena tidak mendapat persetujuan dan dukungan dari negara yang berkepentingan.

Namun, dia juga menegaskan bahwa Indonesia sebagai negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia dan sebagai demokrasi yang aktif dan dinamis, tetap berkomitmen menyelesaikan isu Uighur.

“Indonesia tidak bisa menutup mata terhadap kondisi saudara dan saudari Muslim di bagian dunia lainnya. Adalah tanggung jawab Indonesia sebagai bagian dari umat Islam untuk saling menjaga satu sama lain,” kata Febrian.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut