get app
inews
Aa Read Next : Peduli Lingkungan, Kodim 0414 Belitung Tanam Pohon di Pesisir Pantai Tanjung Pendam

Kodim 0414/ Belitung Lakukan Penghijauan di Lahan Kritis Eks Tambang

Senin, 03 Oktober 2022 | 15:13 WIB
header img
Dandim 0414/ Belitung, Letkol Inf Hairil Achmad saat melakukan penanam bibit pohon cemara di Kampong Reklamasi Desa Selinsing, Belitung Timur, Senin (3/10/2022). Foto: lintasbabel.id/ Suharli.

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Guna mendukung penghijauan lahan kritis, Kodim 0414/Belitung bersama dengan Forkopimda Belitung Timur (Beltim) melakukan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan di Kampong Reklamasi Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Beltim Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Hal ini juga, merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI.

Selain di Kampong Reklamasi, penanaman pohon juga serentak dilaksanakan di dua lokasi lainnya yakni di Belitung dan Kabupaten Bangka Barat. 

Selain penanaman pohon, Dandim 0414/Belitung dan Bupati Beltim juga melakukan tebar bibit ikan di dalam kerambah dan eks kulong tambang timah yang berada di Kampong Reklamasi tersebut.

"Penghijauan merupakan rangkaian kegiatan dari HUT TNI ke-77 Tahun 2022 yang  tujuannya untuk menghijaukan lahan-lahan kritis yang kering dan tandus agar wilayah Bangka Belitung menjadi tanah hijau kembali," ujar Dandim 0414/ Belitung Letkol Inf Hairil Achmad, Rabu (3/10/2022).

Selain itu, penanaman pohon akan menjadikan tanah subur karena ada beberapa wilayah yang mungkin oleh BPDAS termasuk daerah kritis karena tandus dan sudah kehilangan pohon-pohon.

"Yang mungkin sebelumnya tanah hijau untuk dipulihkan kembali menjadi tanah-tanah yang potensial yang hijau sehingga menjadi tanah yang bermanfaat untuk kegiatan masyarakat yang ada di sekitar Bangka Belitung," ujar Dandim.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut