get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa PWK UBB Gelar Bakti Sosial, Sosialisasi Etika dan Moral di Panti Asuhan Aisyiyah

HIMA Psikologi Islam Adakan Kegiatan MAPSI, Oknum Dosen Tidak Boleh Menghambat Proses Mahasiswa

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 00:45 WIB
header img
Husain, Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam IAIN SAS Babel. Foto: Dokumen Pribadi.

MASA perkenalan mahasiswa baru adalah kegiatan yang harus dilakukan di setiap perguruan tinggi. Disisi lain untuk menambah wawasan, dan dari kegiatan tersebut kita dapat memupuk rasa kekeluargaan agar tali persaudaraan semakin kuat.

Begitu juga halnya yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiwa Psikologi Islam, pada tahun 2019 sejak Program Studi Psikologi Islam menyambut angkatan pertamanya, para dosen melakukan masa perkenalan dan melakukan banyak euforia pada saat itu. Di tahun selanjutnya yang dimana ketika sudah terbentuk Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPI) kegiatan tersebut dikemas dengan nama MAPSI (Masa Perkenalan Mahasiswa Psikologi Islam).

Hal ini dikonsepkan oleh pengurus HIMA Psikologi Islam tahun 2020 dengan berkoordinasi bersama pihak prodi, agar hal yang terjadi di tahun 2019 menjadi kebudayaan di Prodi Psikologi Islam. Jika di tahun 2019 pelaksanaannya dilakukan oleh para Dosen Psikologi Islam, maka di tahun-tahun selanjutnya dilaksanakan oleh pengurus HIMA Psikologi Islam berkoordinasi dengan Kaprodi dan pembina HIMA. Sehingga para Dosen Psikologi hanya menjadi tamu undangan atau mengisi materi di dalam kegiatan tersebut.

HIMA wajib menjabarkan, melaksanakan, mengembangkan, kegiatan kemahasiswaan sesuai dengan jurusan atau prodi (Silahkan Baca Dirjend pendis 4961 point G nomor 7 tentang Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan/atau Himpunan Mahasiswa Prodi Studi (HM-PS).
Artinya, ada pembahasan terkait dengan aturan main yang ada di dalam prodi tersebut yang harus disampaikan, ada visi dan misi yang harus disampaikan, ada pembahasan yang lebih rinci terkait Himpunan Mahasiswa Program Studi, karena HIMA adalah wadah yang membahas keilmuan tentang prodi tersebut.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut