get app
inews
Aa Read Next : Contoh Puisi tentang Pendidikan, Lengkap dengan Pembagian Jenisnya

Contoh Pidato Singkat, Bahan Referensi Kamu dalam Belajar

Jum'at, 23 September 2022 | 17:48 WIB
header img
Contoh pidato singkat bisa kamu dapatkan dalam artikel ini. Foto: ilustrasi orang sedang berpidato/ net

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Contoh pidato singkat dalam artikel ini bisa menjadi salah satu referensi kamu dalam belajar Bahasa Indonesia. Kamu bisa memperhatikan susunan dan struktur pidato singkat ini, lalu membuatnya sendiri berdasarkan versi kamu.

Pidato sendiri adalah adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. 

Pidato berfungsi untuk mempermudah komunikasi antara pembicara dengan pendengarnya. Pembicara dapat menyampaikan gagasan, ide serta konsep yang dipunyai pada pendengar hingga terjadi interaksi yang berkesinambungan.

Berikut ini contoh pidato singkat dengan berbagai tema.

Contoh Pidato Singkat dengan Berbagai Tema:

1. Contoh Pidato Singkat tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum Wr. Wb. 
Yang saya hormati, 
Ibu Kepala Sekolah, 
Bapak/Ibu Guru, 
dan teman-teman yang saya cintai. 

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya. Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dipungkiri lagi kalau di kalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan.

Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara termasuk negara berkembang memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan di hari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.


2. Contoh Pidato Singkat tentang Kelestarian Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua,

Selamat siang ibu/bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkah kenikmatan dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul di ruang ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan beberapa gagasan dan pendapat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, sebagaimana telah kita ketahui bersama. Kelestarian lingkungan hidup menjadi sangat penting dijaga demi kelangsungan anak cucu kita kelak. 

Lingkungan hidup yang rusak akan mudah mendatangkan berbagai bencana, seperti tanah longsor, kekeringan, dan sebagainya. Dalam situasi demikian sebenarnya ada bagian banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menjalankan fitrah sebagai manusia yaitu mengemban amanah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Dengan demikian kelangsungan hidup pohon akan diganti dengan pohon-pohon yang baru. Apabila ini dilakukan oleh kita, maka banyak manfaat yang dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari sampai anak cucu kelak. Yang kedua adalah membuang sampah pada tempatnya. Setidaknya kita memiliki kesadaran untuk terpanggil hatinya dalam membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan membuang sampah di sembarang tempat. Karena itu tidak baik untuk kesehatan dalam kelestarian lingkungan. 

Kemudian sampah tersebut di daur ulang sesuai dengan jenis-jenis sampah baik yang organik maupun yang non organik. Yang ketiga adalah memanfaatkan kebutuhan pohon sesuai dengan kebutuhan mematuhi larangan-larangan penebangan pohon secara liar.

Demikian beberapa gagasan dan pendapat yang bisa saya sampaikan terkait dengan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Semoga ada bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih, saya mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


3. Contoh Pidato Singkat tentang Dunia Remaja

Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan pidato tentang kenakalan remaja untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. 

Namun, sebelumnya, marilah, kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.

Kita tahu bahwa masa muda adalah masa yang sangat rawan dipengaruhi oleh berbagai hal, baik yang positif maupun negatif. Namun, biasanya, pengaruh negatiflah yang lebih cepat diserap oleh kawan-kawan kita. Hal tersebut jelas berdampak buruk terhadap kehidupannya pada masa yang akan datang. Fakta yang terjadi di lapangan, banyak generasi muda yang terjerumus ke dalam perilaku-perilaku negatif dengan melakukan perbuatan yang tidak terpuji. 

Kita, sebagai generasi muda, sudah seharusnya meningkatkan kesadaran untuk selalu saling mengingatkan kepada sesama mengenai bahaya-bahaya akibat perilaku negatif tersebut. Kita harus selalu memegang prinsip dalam hidup dan menjadi generasi yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya, saya mohon maaf. Semoga, apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terimakasih dan selamat siang.

 

4. Contoh Pidato Singkat tentang Gemar Membaca Buku

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. 

Semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan menjadi makhluk yang dirahmati Tuhan Yang Maha Esa.

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah mengenal, namun bagi kalian yang belum izinkanlah saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Renita Siregar, saya adalah pegawai swasta yang sudah berkecimpung dalam bidang tulis menulis lebih dari 11 tahun. 

Maka dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengulas pentingnya membaca buku di era gawai serba digital seperti sekarang ini. Penggunaan gawai semakin bertambah, namun sayangnya tidak diimbangi dengan meningkatkan jumlah minat baca buku.

Sangat disayangkan, di jaman serba mudah seperti sekarang ini, anak muda cenderung lebih suka aktif di media social ketimbang membaca buku. Hal tersebut dilansir dari data Dikti menyebutkan bahwa tingkat literasi Indonesia berada di urutan 3 terbawah di ASEAN. Dengan jumlah penduduk yang banyak seperti ini, sangat disayangkan jika generasinya muda hanya diperbudak oleh media sosial. Padahal ada banyak cara membaca buku walau menggunakan gawai. 

Alangkah indah nya apabila hidup ini dihiasi dengan hal-hal yang positif dan berpikiran positif terkhusus dengan membaca buku. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan hari ini, mudah-mudahan kita dapat memetik hikmah dari apa yang telah saya sampaikan ini. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Itulah contoh pidato singkat dengan berbagai tema yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam belajar. Selamat belajar!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut