get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

ASN Diminta Tak Ikut Politik Praktis di Pemilu 2024

Kamis, 22 September 2022 | 17:15 WIB
header img
Mendagri Tito Karnavian, meminta Aparatur sipil negara (ASN) diminta tidak terlibat dalam pusaran politik praktis di pemilihan umum (pemilu) atau pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Foto: Istimewa.

JAKARTA, lintasbabel.id - Aparatur sipil negara (ASN) diminta tidak terlibat dalam pusaran politik praktis di pemilihan umum (pemilu) atau pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Meskipun punya hak pilih, ASN diminta bekerja secara profesional.

"ASN harus tetap pada posisi sebagai tenaga profesional meskipun memiliki hak pilih tapi tidak boleh berpolitik praktis memihak kepada calon atau partai tertentu," jelas Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian secara daring, Kamis (22/9/2022).

Lanjut Tito, siapa pun nantinya yang akan bertanding, ASN untuk bersikap netral pada pemilihan umum serentak pada 2024 mendatang. 

"Kita semua sepakat biarlah siapapun yang bertanding baik tingkat pusat atau daerah atau legislatif proses itu untuk menentukan kader-kader pemimpin yang terbaik tetapi kita sebagai ASN yang mengawaki jalannya roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral siapapun pemenangnya," tuturnya.

ASN sendiri merupakan bagian penting dari pemerintahan untuk menjamin berlangsungnya pemilu dan pilkada tahun 2024 berjalan dengan baik. Baik itu ditingkat nasional maupun tingkat daerah. 

"ASN kita sudah tahu bahwa undang-undangnya berbagai aturan tidak boleh berpolitik praktis karena ASN adalah tenaga profesional dia yang menjadi motor pemerintahan," ujarnya.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman iNews.id dengan judul "Mendagri Tito Karnavian Ingatkan ASN Tak Berpolitik Praktis di Pemilu"

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut