get app
inews
Aa Read Next : Omset Turun 50 Persen sejak 2 Bulan Terakhir, Pedagang Tunggu Upaya Konkret Pemerintah

PJ Kepala Daerah Bisa Memutasi Pejabat, Tito: Tidak Benar

Rabu, 21 September 2022 | 19:57 WIB
header img
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merespons Surat Edaran (SE) Penjabat (Pj) kepala daerah memberhentikan dan memutasi ASN. Mendagri membantah terkait isu tersebut.  Foto: Kemendagri.

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merespons Surat Edaran (SE) Penjabat (Pj) kepala daerah memberhentikan dan memutasi ASN. Mendagri membantah terkait isu tersebut. 

"Jadi isu yang berkembang seolah-olah Mendagri memberikan kewenangan penuh, tidak terbatas kepada kepala daerah untuk melakukan pemberhentian dan mutasi jabatan, tidak benar," ujar Tito, saat raker bersama Komisi II DPR, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, kewenangan pemberhentian yang diberikan Pj kepala daerah hanya berlaku pada ASN yang memenuhi kriteria sebagaimana poin 4 a dan b SE nomor 821/5492/SJ.

"Poin 4a dan 4b hanya dua aja, yaitu yang meraka sudah terkena masalah hukum dan sudah ditahan apalagi. Itu memang harus diberhentikan," tutur Tito.

Tak hanya itu, Dia juga merespons adanya kekhawatiran banyak pihak akan politisasi dari kebijakan Pj kepala daerah yang dapat memutasi. Dia menegaskan, para Pj kepala daerah harus melapor pada Kemendagri bila telah memutasi ASN.

"Saya bisa meralat dan kedua mutasi antardaerah. Nanti prosesnya tetap ke Kemendagri, lalu ke otda, diserahkan ke BKN, kemudian disetujui atau tidaknya. Jadi sekadar tanda tangan persetujuan mutasi daerah, enggak harus ke saya, karena nanti akan numpuk," kata Tito.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut