get app
inews
Aa Read Next : Transaksi Online jadi Pemicu Tingginya Kasus HIV di Bangka Barat

315 Warga Jakarta Barat Positif HIV, Rata-rata Ibu Hamil

Selasa, 20 September 2022 | 20:45 WIB
header img
Sebanyak 351 warga Jakarta Barat terinfeksi penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV). Data tersebut diungkapkan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Administrasi Jakarta Barat. Foto: Ilustrasi/Istimewa.

JAKARTA, lintasbabel.id - Sebanyak 351 warga Jakarta Barat terinfeksi penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV). Data tersebut diungkapkan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Administrasi Jakarta Barat. 

"Dari 53.000 yang dites, yang positif (HIV) itu 351. Itu hanya Jakarta Barat aja ya. Jadi istilahnya Januari sampai Juni itu ditemukan yang positif 351," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sukarno, Selasa (20/9/2022).

Dari ratusan kasus tersebut mayoritas diidap oleh para ibu rumah tangga/ibu hamil dan warga yang memiliki penyakit Tuberkolosis (TBC). Sementara untuk kategori seks bebas, disebut Sukarno angkanya sangat kecil.

"Jadi ibu hamil yang periksa ke RS maupun ke Puskesmas itu kita tes semuanya yang ibu hamil. Kemudian orang yg mempunyai penyakit antara lain adalah TBC, karena TB itu sangat dekat sekali dengan penyakit HIV. Oleh karena itu yang sudah kena TB kita tes HIV-nya. Nah itu bukan semuanya tapi kebanyakan kena HIV juga," katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut