get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

KPU Gelar Simulasi Pemilu 2024, Akan Lakukan Penyederhanaan Surat Suara

Sabtu, 20 November 2021 | 14:59 WIB
header img
Kantor KPU RI. (Foto: Inews.id)

MANADO, lintasbabel.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, sebagai bentuk persiapan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) serentak 2024 mendatang. Simulasi digelar di kantor KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado. Simulasi kali ini, dilakukan dengan dua TPS (tempat pemungutan suara), dua jenis surat suara, yang melibatkan 100 orang pemilih. 

Dalam simulai ini, diharapkan dapat memberikan banyak masukan bagi KPU terkait dengan penyederhanaan surat suara dan penghitungan suara.

"Kami sangat berharap dari simulasi ini, 100 pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dan penghitungan suara kami akan mendapatkan format surat suara, yang kemudian akan menjadi lebih memudahkan pemilih, dan juga efisien dan efektif bagi peserta dan juga bagi penyelenggara," kata Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik di sela-sela simulasi, melalui live streaming di kanal youtube KPU RI, Sabtu (20/11/2021).

Dikatakan Evi, KPU berharap dengan penyederhanaan surat suara akan meminimalisir surat suara tidak sah yang cukup tinggi pada di Pemilu 2019 lalu, dimana surat suara tidak sah di pemilihan DPD RI sampai 19% lebih, sedangkan surat suara DPR RI mencapai 11,04%.

"Inilah yang kami harapkan bisa kami lakukan, penyederhanaan surat suara bisa lebih minimal (surat suara tidak sah)," tuturnya.

Lanjutnya, KPU juga akan melakukan penyederhanaan formulir, sehingga bisa menggunakan teknologi sistem informasi rekapitulasi suara yang bisa dimanfaatkan pada pemilu 2024.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut