Logo Network
Network

Bangka Tengah Sukses Kembangkan Tambak Udang Rakyat

Rachmat Kurniawan
.
Jum'at, 19 November 2021 | 19:11 WIB
Bangka Tengah Sukses Kembangkan Tambak Udang Rakyat
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman melakukan panen perdana udang vaname di tambak rakyat udang vaname Gempa 01 Desa Kurau Barat. (Foto: lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Kabupaten Bangka Tengah sukses mengembangkan tambak udang rakyat di daerahnya. Terbukti dengan suksesnya panen perdana udang vaname yang dilakukan oleh Kelompok pembudidaya udang vaname binaan Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Gempa 01 Desa Kurau Barat Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah pada Jumat (19/11/2021). 

Kurun waktu 93 hari, Gempa 01 Desa Kurau Barat sukses melakukan panen raya dengan ukuran udang vaname perekornya seberat 17 gram.

"Alhamdulillah hari ini tambak rakyat Gempa 01 Desa Kurau Barat ini, tiga bulan lalu benih udang vaname atau benur sama-sama kita tabur, hari ini telah sukses melakukan panen perdana. Udang yang dihasilkan pun cukup memuaskan, dengan berat rata-rata perekor seberat 17 gram," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman usai melakukan panen perdana pada Jumat (19/11/2021).

Melihat hasil ini, Algafry mengungkapkan jika potensi udang vaname sangat besar untuk dikembangkan di Kabupaten Bangka Tengah. 

"Kita lihat bersama potensi udang vaname sangat luar biasa untuk bisa kita kembangkan di Kabupaten Bangka Tengah. Karena kalau kita hitung-hitung, dengan modal yang di keluarkan, dengan keuntungan yang di hasilkan, ini sangat menguntungkan. Dengan kualitas yang biasa saja, orang sudah menawarkan harga satu kilogramnya seharga Rp80 ribu," ujar Algafry. 

Keberhasilan ini pun akan dijadikan percontohan di tempat-tempat lain. Dimana nantinya tambak rakyat ini juga akan dikembangkan di dua desa lainnya di Kabupaten Bangka Tengah.

"Saya harap ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lainya, dimana nantinya akan ada dua desa lagi yang akan dibuka tambak udang rakyat ini. Yakni di Desa Guntung dan Desa Kayu Besi," ujarnya.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini