get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Bangka Tengah Kembangkan Komoditas Kacang Hijau

Senin, 15 November 2021 | 21:05 WIB
header img
Tanam perdana hilirisasi kacang hijau. (Foto : istimewa)

Sementara itu, Kepala BPTP Bangka Belitung, Suharyanto juga mengungkapkan bahwa kacang hijau memiliki potensi yang cukup baik untuk dikembangkan di Bangka Tengah, dengan adaptabilitas yang cukup tinggi pada berbagai agroekosistem. 

"Kacang hijau ini cocok dikembangkan di Bangka Tengah, selain berumur singkat sekitar 55 hari bahkan bisa kurang tergantung kondisi cuaca. Selain itu pemeliharaannnya juga mudah dan relatif aman terhadap gangguan hama dan penyakit", ujar Suharyanto.

Hingga saat ini, kebutuhan kacang hijau untuk wilayah Babel masih didatangkan dari luar, sehingga merupakan peluang agribisnis untuk dikembangkan.

"Disini ada tiga varietas yang akan diujicobakan antara lain Vima 1, Vima 4 dan Vimil 2 yang merupakan hasil pemuliaan Balitkabi, Malang dan masing-masing memiliki karakteristik tertentu. Kacang hijau juga dapat ditanam pada sela-sela tanaman sawit yang belum menghasilkan (TBM). Pada lahan-lahan bekas tambang juga dapat dimanfaatkan, selain juga untuk memperbaiki struktur tanah, seperti yang sudah pernah diujicobakan di lahan bekas tambang di IP2TP Gantung, Belitung Timur," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut