get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Bangka Tengah Kembangkan Komoditas Kacang Hijau

Senin, 15 November 2021 | 21:05 WIB
header img
Tanam perdana hilirisasi kacang hijau. (Foto : istimewa)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Dalam rangka akselerasi inovasi Badan Litbang Pertanian, BPTP Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas petani dan penyuluh melalui hilirisasi inovasi VUB (Varietas Unggul Baru) Kacang hijau di Desa Pasir Garam, Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah, Senin (15/11/2021).

Ditengah kondisi cuaca gerimis, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, tetap semangat mencoba untuk melakukan pengolahan tanah dengan menggunakan traktor roda 4, yang dilanjutkan dengan penanaman perdana kacang hijau pada lahan demplot seluas 1,5 hektar.

"Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh BPTP Babel, selain melakukan pembinaan, pendampingan dan percontohan kepada petani dan penyuluh di Bangka Tengah. Penggunaan mekanisasi untuk olah tanah, selain lebih cepat dan murah, tentunya lebih efisien waktu, biaya dan tenaga," ujar Algafry.

Penggunaan komoditas kacang hijau juga dinilai salah satu pilihan alternatif, karena merupakan komoditas baru. Algafry berpesan pada petani dan penyuluh untuk benar-benar mengikuti dan mencermati tahapan penanamannya.

"Kacang hijau ini kedepannya memiliki prospek dan nilai ekonomis bagi petani, tentunya Bangka Tengah dirasa cocok untuk pengembangan komoditas ini, karena Bangka Tengah masih memiliki lahan cukup luas, baik lahan kering maupun lahan-lahan bekas tambang yang dapat dikelola dan dimanfaatkan," ujar Algafry.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut