get app
inews
Aa Read Next : Sempat Buron, Residivis Pelaku Pembacokan di Air Mesu Dibekuk Tim Jatanras Polda Babel

1.173 Personel Polri Diturunkan untuk Amankan G20 di Belitung 

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 14:11 WIB
header img
Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siagakan 1.173 personel kepolisian untuk mengamankan perhelatan G20 Belitong di Pulau Belitung, pada 7-9 September 2022 mendatang. Penjinak Bom atau Jibom dari Korps Brimob Polri juga dikerahkan untuk mengamankan even internasional tersebut. 

"Pasti semua ada lengkap, juga ada namanya Jibom pasti ada di sana (Belitung)," kata Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra di Kota Pangkalpinang, Jumat (26/8/2022), 

Kapolda Yan Sultra mengatakan, pertemuan yang akan dihadiri oleh sejujmlah negara tersebut, pada H-1 sudah dilakukan sterilisasi yakni di lokasi yang bakal ditempuh para delegasi. 

"H-1 itu sudah disteril semua mulai dari Bandara sampai lokasi yang akan digunakan oleh para delegasi," jelasnya. 

Dia juga menjelaskan, sebanyak 1.000 kendaraan juga bakal dikerahkan untuk pengamanan G20 Belitong ini. 

"Sekitar 1.000 kendaraan yang nantinya kita lihat kebutuhannya. Pengamanan G20 kita sudah siap. Kemarin kami rapat terakhir dengan Menteri Bappenas seperti apa kesiapan di Belitung. Jadi nanti H-5 anggota kami sudah di sana," ujarnya. 

Ia menambahkan, segala kekurangan akan terus dicek. Untuk pola pengamanan pada acara nantinya yakni ada ring 1 hingga ring 3. 

"Kami juga libatkan rekan-rekan kita dari TNI, nanti sesuai penempatannya. Kami bersyukur di Belitung 3 bulan terakhir kejahatan sangat minim, masih didominasi kejahatan konvensional," tuturnya 

Selain itu, minimnya kekuatan di Pulau Belitung karena hanya dua Polres, maka akan ditambah dari Polda Babel, Mabes Polri, demikian juga kendaraan. Sebanyak 39 kendaraan pengawal, dan juga kendaraan roda dua untuk mengawal delegasi, di samping itu 10 pengawalan delegasi, hingga Helikopter BKO Mabes Polri di Polda Babel juga dikerahkan ke Pulau Belitung.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut