get app
inews
Aa Read Next : 7 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Alasan Berobat Sampai Saudara Nikah

Alasan Guru Wajib Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Nomor 5 Dapat Menghemat Waktu

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:59 WIB
header img
Seorang tenaga pendidik atau guru diharuskan bisa membuat perencanaan pembelajaran sebelum proses belajar mengajar dilakukan. Persiapan guru sebelum mengajar salah satunya adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Seorang tenaga pendidik atau guru diharuskan bisa membuat perencanaan pembelajaran sebelum proses belajar mengajar dilakukan. Persiapan guru sebelum mengajar salah satunya adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP.

RPP sendiri merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dibuat berdasarkan silabus untuk dijadikan pedoman dalam kegiatan pembelajaran, agar para siswa mampu mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang sudah ditetapkan.

Lantas, mengapa guru wajib membuat RPP?

RPP adalah panduan atau rel agar apa yang diajarkan para guru sesuai dengan target dan sasaran dati mata pelajaran yang diampunya. Dengan demikian pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, efisien, dan yang terpenting memberikan motivasi keapda para siswa agar pro aktif mengikuti pelajaran.

Berikut ini alasan mengapa guru wajib membuat RPP di awal semester:

1. Pembelajaran Berlangsung Lebih Sistematis

Dengan membuat RPP, guru akan memiliki pedoman dalam merancang metode pembelajaran yang disukai para siswa. Guru dapat membuat desain atau metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa agar para siswa dapat belajar dengan semangat dan tentu saja menyerap ilmu dengan utuh dan berkesan.

Teknisnya, guru bisa melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi kelas yang disusun kedalam bentuk materi yang disukai siswa, dengah harapan pembelajaran berlangsung menyenangkan dan membelajarkan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut