get app
inews
Aa Read Next : Potret Semarak Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang, Kerukunan yang Terjaga

7 Aplikasi Edit Foto yang Lagi Trend di Tahun 2022

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 16:33 WIB
header img
7 aplikasi edit foto yang lagi trend di tahun 2022. (net)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - 7 aplikasi edit foto yang lagi trend tahun 2022 banyak dicari para pengguna smartphone, terutama yang berbasis android. Selain mudah untuk digunakan, 7 aplikasi edit foto berikut ini juga dapat membuat hasil foto lebih ciamik, yang pastinya akan mengundang decak kagum mereka yang melihatnya.

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan juga kemampuan android yang Anda gunakan, karena masing-masing aplikasi terkadang memiliki kekurangan seperti ukurannya yang besar dan bisa menguras baterai atau memori  android.

Saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi edit foto yang disediakan secara gratis, dengan sejumlah fasilitasnya.

Berikut ini 7 aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang 2022

1. Canva

 

Canva rasa-rasanya menjadi aplikasi edit foto yang paling banyak digunakan pengguna android di Indonesia.

Fitur edit foto yang ditawarkan Canva gratis. Menariknya, Canva menyediakan berbagai template untuk membuat foto hasil jepteran Anda lebih bagus lagi. 

Cara menggunakan Canva buat mengedit foto sangat mudah. Selain buat mengedit foto, Canva juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat poster, CV, dan presentasi. 

2. PicsArt Photo Editor

 

Aplikasi PicsArt Photo Editor menyediakan beragam filter dan tools yang bakalan membuat hasil editan foto keren. 

Fitur-fitur keren seperti grid foto, sudah bisa diakses meskipun Anda adalah pengguna gratis aplikasi ini.

 

3. Snapseed

\
 
Snapseed, salah satu aplikasi edit foto karya Google yang juga bisa dicoba. Aplikasi ini ditujukan untuk penggunaaan mengedit foto profesional, karena memiliki fitur seperti pengaturan white balance dan dukungan untuk file RAW.

Anda yang kurang fasih dengan cara edit foto yang benar, Snapseed menyediakan fitur auto edit.

4. Photo Lab Picture Editor

 

Aplikasi Photo Lab Picture Editor menyediakan beragam filter dan efek-efek unik, yang akan membantu membuat hasil foto Anda beda dari kebanyakan orang.

Photo Lab menawarkan banyak koleksi foto dengan style gaya trendi ataupun lucu seperti mengubah foto asli jadi kartun AI atau 3D.

Aplikasi ini tidak bisa diremehkan, karena sudah memiliki lebih dari 900 efek, seperti efek animasi, filter foto, montase foto wajah, bingkai foto dan fitur menarik lainnya.

5. Adobe Photoshop Express

 

Nama besar Adobe tentu tak bisa diragukan lagi dalam dunia edit-mengedit. Selain menyediakan software berbasis PC atau desktop, Adobe juga merilis aplikasi berbasis android, salah satunya Adobe Photoshop Express. 

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi untuk mengedit foto versi 'instan' dari software edit foto untuk PC, Adobe Photoshop.

Meskipun tidak sekomprehensif versi PC, aplikasi ini memiliki antarmuka yang lebih simpel dan yang lebih penting, aplikasi ini juga gratis untuk digunakan.

Dengan aplikasi ini kamu dapat menambahkan efek pada foto agar tampak lebih menarik dan kamu juga dapat membuat foto kamu menjadi gambar hitam putih. Tersedia juga bingkai photo atau frame dengan berbagai gaya yang menarik, sehingga akan mempermudah kamu mengemas foto kamu.

Aplikasi ini juga mampu menghilangkan warna mata merah dalam foto untuk kemudian kamu sulap menjadi mata yang jernih. Tersedia pula tool pemotong, flip atau putar, sehingga akan mempermudah kamu untuk menghilangkan sampah dalam foto.

Untuk menghilangkan bintik-bintik pada foto pilih saja Blemish Removal. 


6. Adobe Lightroom

 

Berbeda dengan Adobe Photoshop Express yang lebih dikhususkan untuk kalangan profesional, Adobe Lightroom ditujukan untuk editing foto yang lebih ringan.

Sayang, aplikasi ini tidak memiliki fitur selengkap saudara seniornya, namun memberikan cara yang gampang untuk digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur image sharing yang lebih lengkap dan sangat sempurna untuk kalian yang banyak menggunakan media sosial.

Lightroom juga mendukung format RAW yang bisa mengimpor dan mengedit foto dalam format RAW lewat smartphone.

Adobe Lightroom termasuk aplikasi edit foto yang all in one. Anda bisa melakukan edit foto standar, seperti mengutak-atik pencahayaan, kontras, highlight, bayangan, rona putih dan hitam. Selain juga bisa mengedit warna dengan mengedit suhu warna, corak, vibrance dan saturasi.

Kamu juga bisa menajamkan foto, mengurangi noise dan mengedit foto dengan preset instan yang tersedia. Namun, tak semua fitur disediakan secara cuma-cuma. Ada fitur yang hanya bisa dibuka apabila kita melakukan upgrade berbayar.


7. Pixlr

 
Pixlr dikembangkan oleh Inmagine Lab. Secara keseluruhan, Pixlr adalah aplikasi yang cocok untuk penggunaan pribadi dengan pengeditan ringan.

Meskipun tidak se-powerful Photoshop, namun Pixlr cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar pengeditan.

Ada banyak fitur yang ditawarkan Pixlr Photo Editor, bahkan beberapa mirip Photoshop. Dengan begitu, pengguna bisa mengolah foto memanfaatkan Magic Tool, Clone Stamp Tool, dan lain sebagainya.

Pixlr juga memiliki ragam filter artistic yang sering digunakan oleh Selebgram.

 

Itulah 7 aplikasi edit foto terbaik tahun 2022 yang bisa menjadi referensi agar hasil foto Anda bisa lebih mentereng lagi saat dipajang di akun sosial media.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut