get app
inews
Aa
Read Next : Sukirman Koordinasi dengan ASDP Soal Pencegahan Peredaran Narkoba di Pelabuhan Tanjung Kalian

Kelenteng Kung Fuk Miau Bangka Barat Gelar Tradisi Sembahyang Rebut

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:51 WIB
header img
Replika patung Jin Thai Se Ja yang merupakan simbol perayaan tradisi Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Pengurus Kelenteng Kong Fuk Miau Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap kembali menggelar tradisi keagamaan Chit Ngiat Pan atau Sembahyang Rebut. Tradisi Sembahyang Rebut, akan digelar pada Jumat 12 Agustus 2022 bertepatan bulan 7 tanggal 15 penanggalan kalender China

Pengurus Kelenteng Kung Fuk Miau Muntok, Paularita Miewien, menyampaikan butuh waktu dua bulan bagi pengurus untuk mempersiapkan tradisi tersebut. 

"Sejauh ini sudah 95 persen, hari ini finishingnya terakhir yaitu pemasangan ataupun penepatan patung-patung, sudah harus diarea dimana tempat ritual tersebut," kata Paularita Miewien, Kamis (11/8/2022).

Paularita menambahkan, tradisi ini menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa setempat ialah mengharapkan keselamatan dan kerukunan antar umat di dunia. 

"Masyarakat Tionghoa itu mulai datang sejak Jumat subuh untuk berdoa. Karena dalam ritual itu mereka berdoa tidak hanya yang diritualkan untuk sembayang rebut. Tapi dibangunan utamanya juga," ucapnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut