get app
inews
Aa Read Next : Rakorda KPID Babel, Target Pemilu 2024 Berjalan Sukses

Cacar Monyet Masuk Indonesia, DPR Desak Pemerintah Masifkan Sosialisasi dan Edukasi

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 18:50 WIB
header img
Penampakan tangan pasien yang terkena cacar monyet. (Foto: WHO)

JAKARTA, lintasbabel.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah segera menyosialisasi dan melakukan edukasi secara masif terkait penyakit cacar monyet atau monkey pox, yang kini sudah terdeteksi masuk ke Indonesia.  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat terdapat satu kasus suspek cacar monyet di Semarang, Jawa Tengah.

"Sosialisasi dan edukasi harus dilakukan secara masif agar masyarakat dapat mengenali tanda dan gejala cacar monyet sehingga masyarakat tidak panik dan termakan hoaks atau disinformasi," kata anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetyani Aher saat dihubungi MNC Portal, Kamis (4/8/2022).

Di samping itu, Netty juga mendorong pemerintah untuk melakukan koordinasi dengan lembaga yang berwenang menjaga lintu masuk kedatangan Indonesia. Tujuannya, untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Pemerintah melalui Kemenkes segera melakukan koordinasi dengan Kementerian/lembaga terkait untuk mengawasi secara ketat pintu-pintu perbatasan," tuturnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut