get app
inews
Aa Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Bernilai Jual Tinggi, Bangka Tengah Kembangkan Kepiting Bakau dengan Sistem Crab Estate

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 14:48 WIB
header img
Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman meninjau pengembangan budidaya kepiting bakau dengan sistem crab estate. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Memiliki nilai jual yang tinggi, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perikananya mulai merintis dan mengembangkan budidaya kepiting bakau, dengan sistem crab estate, atau dengan sistem apartemen box.  

 

 
Sistem ini disebutkan dapat menghasilkan kepiting bakau dengan kualitas yang lebih terjaga, selain tidak memakan banyak tempat dalam pembudidayaanya. 

"Kami mulai merintis budidaya kepiting bakau dengan sistem crab estate di Penangkaran Penyu Desa Guntung. Dalam kurun waktu tiga bulan, dari berat awal kepiting 100 gram, mampu berkembang hingga 300 gram," ujar Bupati Bateng, Algafry Rahman pada Jumat (05/08/2022).

Algafry sempat kaget saat melihat kepiting bakau yang berhasil dibudidayakan di lokasi ini. Dimana berat kepiting bakau mampu mencapai hampir 5 ons dan dari tampilan luar, kepiting bakau berukuran cukup besar dan telah layak jual. 

"Ini salah satunya kepiting bakau yang telah berhasil dikembangkan di crab estate ini, beratnya sudah mencapai 4,6 ons, hampir setengah kilogram. Ini akan terus kami kembangkan dan kami rintis, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ini masih rintisan dan kajian yang kami lakukan, baru nantinya kami implementasikan kepada masyarakat untuk pengembangan kepiting bakau, seperti tambak udang rakyat yang telah kami lakukan. Kami harapkan pengembangan kepiting bakau ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kami," ungkapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut