get app
inews
Aa Read Next : Partai Gerinda Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Bangka Barat 2024

Kabupaten Bangka Barat Diprediksi Alami Defisit Anggaran di Tahun 2023

Rabu, 03 Agustus 2022 | 10:59 WIB
header img
Ketua DPRD Bangka Barat, Marudur Saragih. (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Kabupaten Bangka Barat terancam kembali akan mengalami defisit anggaran di tahun 2023 mendatang. Angkanya diprediksi mencapai ratusan miliar rupiah.

Hal tersebut, disampaikan ketua DPRD Bangka Barat Marudur Saragih setelah dalam beberapa kesempatan membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diajukan bupati beberapa waktu lalu.

Marudur menambahkan, selama ini kabupaten yang memiliki julukan Sejiran Setason tersebut bergantung pada Dana Alokasi Umum (DAU). 

"2023 pasti defisit, iya perkiraan hampir sama (dengan 2022) jumlah defisitnya, karena kita sekarang masih bergantung sama Dana Alokasi Umum (DAU) tadi, dana dari pusat, bukan kemampuan asli daerah," ujar Marudur Saragih, Rabu (3/8/22).

Untuk di tahun 2022 ini saja, Bangka Barat mengalami defisit anggaran sekitar Rp140 miliar. Marudur mengatakan untuk menutupi defisit ini sejumlah kegiatan dikurangi seperti perjalanan dinas dan kegiatan yang tidak prioritas.

Selain itu, Marudur meminta pemerintah daerah untuk upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD. Hal tersebut adalah tugas besar Pemerintah dengan memanfaatkan potensi yang ada, supaya Bangka Barat tidak semakin suram.

"Ini lah PR pemerintah daerah sekarang, kalau tidak Bangka Barat ini akan semakin suram, karena PAD tidak naik-naik, dianggarkan cuma 70-80 miliar dalam satu tahun, padahal potensi kita begitu banyak, ini PR bersama pemerintah daerah untuk bisa meningkatkan PAD," ucapnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut