get app
inews
Aa Read Next : Daya Beli Masyarakat Anjlok, Inflasi Babel Relatif Terkendali, Safrizal: Pertahankan!

Oktober 2021, Bangka Belitung Mengalami Deflasi Sebesar 0,14%

Selasa, 02 November 2021 | 17:21 WIB
header img
Gedung Kantor Perwakilan BI Babel. (Foto : istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Secara nasional, pada Oktober 2021 Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,12% (mtm) atau 1,66% (yoy), berbeda dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat mengalami deflasi sebesar 0,04% (mtm) atau inflasi 1,60% (yoy). 

Perkembangan ini terutama disebabkan oleh peningkatan inflasi pada kelompok volatile food dan administered price, di tengah inflasi kelompok inti yang melambat. 

Berbeda dengan nasional, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Oktober 2021, mengalami deflasi 0,14% (mtm) atau inflasi 3,20% (yoy). Deflasi pada Oktober 2021, didorong oleh penurunan indeks harga konsumen beberapa komoditas ikan-ikanan, kangkung, dan telur ayam ras. 

"Hal ini tercermin dari penurunan indeks harga kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,76% (mtm) dengan andil sebesar 0,261%. Sementara komoditas yang mengalami peningkatan harga adalah cabai merah, minyak goreng, bahan bakar rumah tangga, angkutan udara dan mobil sejalan dengan permintaan masyarakat yang meningkat," demikian kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Tantan Heroika dalam keterangan tertulis yang disampaikan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Agus Taufik, kepada lintasbabel.id, Selasa (2/11/2021).

Dikatakan Tantan, secara spasial, kota Tanjungpandan mengalami deflasi sebesar 0,44% (mtm) atau inflasi 3,96% (yoy). Deflasi pada bulan Oktober 2021 terutama didorong oleh menurunnya indeks komoditas ikan-ikanan seperti cumi-cumi, ikan kembung, ikan bulat, ikan tongkol, ikan selar, ikan ekor kuning dan udang basah. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut