get app
inews
Aa Read Next : Ramaja yang Diamankan Karena Bawa Sajam untuk Tawuran Kena Wajib Lapor

Mengantisipasi Paham Radikalisme Baretta Gelar FGD

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:24 WIB
header img
FGD BARETA (Barisan Relawan Cinta Tanah Air) mengambil tema menangkal paham radikalisme. Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Barisan Relawan Cinta Tanah Air (BARETTA) menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengangkat tema Optimalisasi Sikap Moderasi Beragama Guna Menangkal Paham radikalisme dalam rangka menjaga toleransi dan Merawat Kebhinekaan serta Nasionalisme, Selasa (26/7/2022). 

Kegiatan FGD ini melibatkan pelajar SMA , SMK , MA serta masyarakat Kota Pangkalpinang. 

Ketua DPP BARETTA Jumli Hamid mengatakan, kegiatan  FGD ini diharapkan bisa menangkal paham radikalisme di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

"Kami disini bersinergi kepada bapak ibu semua kepada pemerintahan, ormas - ormas, bersinergi kepada kita semua supaya kepulauan Bangka Belitung  aman dari radikalisme," kata Jumli Hamid kepada Lintasbabel.id.

Ia menambahkan dengan FGD diharapkan bisa membantu pelajar di Kota Pangkalpinang bisa memahami radikalisme dan toleransi. 

"Tujuan kami bersinergi dengan bapak ibu lebih khusus anak -anak kita yang menjadi harapan Bangsa dan Negara. Kalau dari sekarang kita tempa agar tidak  terprovokasi dengan hal - hal yang tidak kita inginkan," ujarnya. 

Sementara itu, Kamneg Dit Intelkam Polda Babel Kompol Irwan  menambahkan seharusnya  kegiatan seperti ini harus bisa dilakukan di setiap Kabupaten Kota di Provinsi Kepualauan Babel. 

"Jangan hanya di tingkat kota saja, silahkan bersinergi di tingkat Kabupaten silahkan memberikan masukan, yang kira - kira di daerah kita yang mana paham Radikalisme  intelorennya berkurang," jelasnya. 

Menurutnya paham -paham radikal saat ini sudah banyak beredar di media sosial  yang bersifat provokasi dan bisa dikonsumsi pelajar -pelajar di Babel. 

"Paham radikalisme ini bukan maen -maen ibu - ibu sekalian, berbagai macam ormas visi misnya tidak jelas, kemudian orang -orang yang tidak bertanggung jawab,  memprovokasi terutama untuk adek-adek kita yang masih pelajar. Karakter anak -anak kita yang sekarang ini mencari jati diri kemana ia mengarah kita sebagai orang tua khususnya nanti bersinergi dengan ormas  kita arahkan anak -anak ini  kearah yang lebih baik, mereka adalah kader-kader kita penerus cita -cita bangsa kita," tuturnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut