get app
inews
Aa Read Next : Infografis Gotabaya Rajapaksa Mundur Sebagai Presiden Sri Langka

Presiden Sri Langka, Gotabaya Rajapaksa Ajukan Pengunduran Diri Lewat Email

Kamis, 14 Juli 2022 | 23:52 WIB
header img
Presiden Sri Langka, Gotabaya Rajapaksa mengajukan pengunduran diri kepada parlemen negara tersebut. Pengunduran diri dikirim melalui email. Saat ini Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke Singapura untuk mencari suaka. (Foto: AP)

Sebagai presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan, dan dia diyakini ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Di bawah konstitusi Sri Lanka, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe - yang juga dituntut mengundurkan diri oleh para pengunjuk rasa - akan secara otomatis menjadi penjabat presiden sampai parlemen dapat menunjuk penggantinya.


Pesawat Saudia Airlines yang membawa Presiden Sri Lanka yang melarikan diri, Gotabaya Rajapaksa, mendarat di Bandara Changi Singapura pada Kamis (14/7/2022). (Foto: Channel News Asia)

 

Menurut wartawan AFP, sebuah pesawat yang membawa Rajapaksa dan keluarganya tiba di Singapura dari Maladewa pada hari ini, sehari setelah dia melarikan diri ke negara itu. Gotabaya Rajapaksa, istrinya Ioma dan dua pengawal mereka berada di dalam pesawat maskapai Saudia, yang mendarat di Bandara Changi Singapura pada pukul 19:17 waktu setempat.

Singapura mengatakan Rajapaksa diizinkan memasuki negara kota itu dalam kunjungan pribadi dan belum diberikan suaka.

“Telah dikonfirmasi bahwa Tuan Rajapaksa telah diizinkan masuk ke Singapura untuk kunjungan pribadi,” kata Kementerian Luar Negeri Singapura dalam sebuah pernyataan.

“Dia tidak meminta suaka dan dia juga tidak diberikan suaka. Singapura umumnya tidak mengabulkan permintaan suaka,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut