Bawaslu Babel Siap Awasi Tahapan Pemilu Serentak

Joko Setyawanto/ Rilis
Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak Bawaslu Babel bersama Bawaslu RI secara virtual di halaman Kantor Bawaslu Babel, Selasa (14/6/2022). (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersiap menyambut tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai pada bulan Juni ini. Hal ini ditandai dengan dilakukannya Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar di seluruh Bawaslu di Indonesia.

Bersama seluruh jajaran Sekretariat, Pimpinan Bawaslu Babel mengikuti apel siaga ini di halaman Bawaslu Babel melalui ruang virtual zoom bersama dengan Bawaslu Republik Indonesia serta Bawaslu provinsi, kabupaten/kota lainnya dari berbagai pelosok di Indonesia, Selasa (14/06/2022).


 

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan mengatakan dengan dilakukannya apel siaga ini menandakan bahwa Bawaslu telah siap untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024.

“Kita sudah mempersiapkan segala hal untuk menyambut tahapan pemilu dan pemilihan tahun 2024 mulai dari jajaran Sekretariat dalam hal ini Sumber Daya Manusia hingga kesiapan teknis mengenai mekanisme pengawasan pemilu dan pemilihan itu,” jelas Edi Irawan. 

Ia juga menjelaskan bahwa sejumlah tahapan yang akan diawasi Bawaslu adalah mengenai pemuktahiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu dan tahapan lainnya sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Tahapan sudah sesuai dengan PKPU tentang jadwal penyelenggaraan pemilihan umum, tentu tahapan ini akan kami ikuti mulai dari penyusunan daftar pemilih hingga tahapan lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Edi juga mengaku akan mempersiapkan pembentukan lembaga adhock baik pengawasan pembentuk di lembaga KPU maupun pembentuk lembaga adhock di internal Bawaslu.

Ia berharap pengawasan pemilu dapat berjalan lancar untuk mewujudkan pemilu yang berasaskan, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network