YouTube Hapus 70 Ribu Video Terkait Konflik Rusia-Ukraina

Dini Listiyani
Ilustrasi YouTube

JAKARTA, lintasbabel.id -  Platform berbasis video YouTube menghapus lebih dari 70 ribu video terkait dengan konflik Rusia - Ukraina yang dimulai pada akhir Februari 2022 lalu.

Pihak YouTube mengatakan, mereka telah menghapus banyak video karena melanggar kebijakan utama.

YouTube tidak merinci tindakan penegakan tersebut tetapi mencatat mereka menangguhkan sekitar 9.000 saluran dalam penyisiran, termasuk satu yang terkait dengan jurnalis pro-Kremlin Vladimir Solovyov. Beberapa video yang diturunkan YouTube melanggar pedoman perusahaan dengan menyebut invasi sebagai misi pembebasan.

“Kami memiliki kebijakan peristiwa kekerasan besar dan itu berlaku untuk hal-hal seperti penolakan peristiwa kekerasan besar: mulai dari Holocaust hingga Sandy Hook. Dan tentu saja, apa yang terjadi di Ukraina adalah peristiwa kekerasan besar. Jadi kami menggunakan kebijakan itu untuk mengambil tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Neal Mohan, kepala produk YouTube kepada The Guardian.

Sebagian akibat dari tindakannya, YouTube telah melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah orang di Ukraina, Polandia, dan Rusia yang mengonsumsi konten “otoritatif” dalam konflik tersebut, sebagaimana dikutip dari Engadget. 

Di Ukraina, misalnya, konten berita tentang invasi telah ditonton lebih dari 40 juta kali.

“Tanggung jawab pertama dan mungkin yang paling penting adalah memastikan bahwa orang yang mencari informasi tentang acara ini dapat memperoleh informasi yang akurat, berkualitas tinggi, dan kredibel di YouTube,” kata Mohan kepada The Guardian.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network