Ekspor CPO Kembali Dibuka, Petani Sawit: Terima Kasih Bapak Presiden

Advenia Elisabeth
Tumpukan buah kelapa sawit yang sudah beberapa hari tidak laku dijual milik warga Kelapa Kampit, Rabu (11/5/2022). (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

JAKARTA, lintasbabel.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kembali ekspor CPO (minyak goreng) dan turunannya. Kebijakan ini berlaku mulai Senin (23/5/2022) pekan depan. Keputusan ini disambut bahagia oleh Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS). 

"Terima kasih kepada Bapak Presiden yang sudah membuka kembali larangan ekspor minyak sawit," kata  Sekretaris Jenderal SPKS Mansuetus Darto kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (19/5/2022). 

Darto menyampaikan, SPKS sangat mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi atas pencabutan larangan ekspor bahan baku minyak goreng ini. Dia bilang, dengan keputusan tersebut, roda ekonomi petani sawit menjadi kembali lebih baik. 

"Sebagaimana yang dijelaskan oleh beliau (Jokowi), kami memang mendukung kebijakan beliau dan telah memaklumi kebijakan itu," ujarnya. 

Darto pun berharap, ada konsistensi dari kementerian terkait seperti Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertanian untuk mengubah tata kelola sawit Indonesia serta memperbaiki tata kelola BPDP-KS yang selama ini hanya berpihak kepada golongan orang tertentu. 

"Ini juga menjadi poin kami saat bertemu Bapak Presiden di Istana Negara Jakarta pada tanggal 23 Maret 2022 untuk pembenahan regulasi dan BPDP-KS," ucapnya. 

"Sekali lagi, terima kasih Bapak Presiden," imbuh Darto.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network