Saat Arus Mudik dan Lebaran, Volume Sampah di TPA Muntok Capai 25 Ton per Hari

Rizki Ramadhani
Tumpukan sampah sebelum diangkut ke TPA Muntok. (Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Sepanjang arus mudik dan lebaran Idul Fitri tahun 2022 kemarin, volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muntok mengalami kenaikan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kenaikannya bahkan hingga dua kali lipat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis TPA Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Bangka Barat, Kosmaria menyampaikan pihaknya menerima volume sampah sampai 25 ton per harinya. 

"Biasanya masuk ke TPA sekitar 12 ton. Dalam satu hari mobil truk pengangkut itu bisa bolak balik sebanyak empat kali terutama dari Pelabuhan Tanjung Kalian kalau di total sehari bisa mencapai 25 ton sehari yang masuk ke TPA," kata Kosmaria, Minggu (8/5/2022).

Kosmaria mengatakan, sepanjang arus mudik dan lebaran Idul Fitri kemarin, TPA Muntok menerima sampah-sampah yang didominasi oleh sampah jenis plastik. 

"Sampah kalau mudik itu sampah sisa-sisa makanan, kalau lebaran ini batok kelapa, serta sampah plastik. Kalau petugas kita tidak ada penambahan, hanya kawan-kawan yang selama ini dijalur yang tidak begitu rawan sampah diturunkan semua ke lokasi yang rawan penumpukan sampah, " katanya. 

Sementara, guna mempermudah petugasnya, Kosmaria mengimbau kepada masyarakat agar melakukan proses pemilahan sampah organik dan anorganik.

"Kita menghimbau agar memilah dari rumah antara sampah organik dan anorganik. Coba kalau sampah plastik di bungkus dikantong sendiri, jadi dilapangan memudahkan kawan-kawan di TPA untuk memilahnya," ujarnya. 

Editor : Haryanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network