Panwascam Bukit Intan Ajak Penyandang Disabilitas Meningkatkan Partispasi Pilkada 2024

Muri Setiawan
Sosialisasi pengawasan partisipatif Panwascam Bukit Intan Kota Pangkalpinang. Foto: Istimewa.

PANGKALPINNAG, Lintasbabel.iNews.id - Panitia Pengawan Pemilu Kecamatan  (Panwascam) Bukit Intan,  menggelar  sosialisasi  pengawasan pemilu partisipatif  hak suara setara  kepada  kelompok disabilitas  Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. 

Kegiatan ini diharapkan  bisa  meningkatkan partisipasi pemilih berikut pengawasan pelanggaran,  pada pilkada 2024 mendatang. 

Ketua  Panwaslu Kecamatan Bukit Intan, Indra Cornelius  Saputra mengatakan, pentingnya perhatian terhadap penyadang disabilitas dalam pilkada 2024 mendatang. 

"Mereka semua memiliki hak untuk didengar,  termasuk penyandang disabilitas  mereka bagian tak terpisahkan dari masyarakat," kata Indra Cornelius, Rabu (18/9/2024). 

Indra menjelaskan kegiatan  yang dihadiri puluhan peserta  disabilitas ini  sebagai  upaya pengawas menjaga keadilan pelaksanaan  pemilu   di seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali kelompok minoritas dengan  ragam disabilitasnya . 

"Suara mereka sama berharga dengan suara kita semua,  ini langkah kongkrit yang dapat kita ambil,  bahwa memastikan  tempat pemungutan suara ramah disabilitas nantinya," ujarnya. 

Lebih lanjut menurutnya penyandang disabiltas juga  diharapkan bisa mendukung  pemilu aman , tertib  dan berintegritas  dan sebagai penyambung informasi tentang kasadaran dan kesetaraan hak  suara dalam pemilihan umum 2024 

"Kedepannya suara mereka didengar dan  ditempat TPS mereka terprioritaskan,  peran mereka kita minta kesadaran mereka bahwa suara mereka berharga untuk Pilkada ini dan mengajak disabiltas dan kelompok rentan ini  bagian dari upaya  meningkatkan tingkat partisipatif,  tidak hanya memberikan hak  pilih atau suara,  tetapi juga  bentuk pengawas pada pilkada 2024 mendatang," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network