Hajar West Ham 3-1, The Citizens Juara Premier League Musim 2023-2024, Terpaut 2 Poin dari Arsenal

Muri Setiawan
Manchester City menjadi juara Liga Inggris musim 2023-2024, usai menundukkan West Ham 3-1. Foto: Man.City.

MANCHESTER, Lintasbabel.iNews.id - Hajar West Ham 3-1, the Citizens akhirnya menjadi juara Premier League musim 2023-2024. Hasil Manchester City vs West Ham, The Citizens unggul 3-1 atas The Hammers. 

Tiga gol City dicetak oleh Phil Foden (2' dan 8') serta Rodri (59'), sementara gol tamu disumbangkan oleh Mohammed Kudus (42').

Laga ini menjadi pertandingan penentuan siapa yang akan mengangkat trofi Liga Inggris atau Premier League musim 2023-2024. 

Laga City dan West Ham digelar di Etihad Stadium, Minggu (19/5/2024) pukul 22.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

City langsung melakukan penetrasi di menit awal usai wasit John Brooks meniup peluit. Menit ke-2, sentuhan langsung dari Phil Foden, yang menerima operan di luar kotak penalti. Dia melepaskan tembakan yang melesat masuk ke sudut kanan atas gawang. Skor 1-0 untuk City.

Seakan ingin menambah keunggulan, pemain City terus-terusan menggempur pertahanan West Ham. Pertandingan berlangsung tidak seimbang, praktis bola dikuasai sepenuhnya oleh anak asuh Pep Guardiola.

Menit ke-10 Konstantinos Mavropanos pemain West Ham menendang kaki pemain City. Semenit berselang, Kevin De Bruyne mendapat peluang dari luar kotak penalty, sepakan kencangnya ke sisi kiri gawang mampu ditepis kipper West Ham, Alphonse Areola.

Menit ke-14, giliran pemain West Ham, Vladimir Coufal yang melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalty City, namun masih bisa diantisipasi barisan pertahanan.

Serangan yang kian gencar, membuat petaka baru bagi tim tamu. Tepat di menit ke-18, Jeremy Doku memberikan umpan kepada Foden yang kemudian berhasil dikonversi menjadi gol, lewat tembakan ke arah sisi kanan gawang.

City lantas nyaris menambah gol, kalua saja sepakan Erling Haaland di menit ke-24 mampu diselesaikan dengan baik. Bola silang di depan mulut gawang hanya ditendang lemah oleh Haaland, bola liar dan keluar lapangan.

Tiga menit jelang babak pertama usai, Mohammed Kudus mencetak gol, setelah menerima umpan dari tendangan sudut. Gol Kudus ini sangat ciamik, lantaran dilakukan dengan Gerakan salto ke belakang. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

De Bruyne nyaris mencetak gol di menit ke-50, kalua saja sepakannya di dalam kotak penalty tidak melenceng beberapa sentimeter di sisi kiri gawang.

Lagi-lagi, seperti di babak pertama, The Citizens masih menguasai jalannya pertandingan. Tekanan yang dilakukan akhirnya membuahkan gol di menit ke-59. 

Adalah Rodri yang mencatatkan Namanya di papan skor, saat dia melihat sebuah kesempatan an berhasil memanfaatkannya dengan baik. Dia melepaskan sebuah tembakan langsung tepat dari luar kotak penalty, mengarahkannya dengan baik ke sudut kanan Bawah gawang. Skor 3-1 untuk tuan rumah.

Menit ke-66, Erling Haaland menerima sebuah operan di dalam kotak penalti dan mengirim sebuah tembakan ke arah gawang, namun nampaknya dia tidak akan dapat berselebrasi kali ini karena salah satu pemain bertahan lawan masuk ke jalur tembakan dan memblokir bola. 

Foden nyaris menambah koleksi golnya di menit ke-74. Sepakan dari tendangan bebasnya meleset tipis ke kiri gawang dan hanya menghasilkan tendangan gawang bagi West Ham.

Bernardo Silva menit ke-79 mendapatkan sebuah ruang kosong untuk menerima operan i batas kotak penalty, dan melepaskan erangan keras yang sayangnya masih melambung tipis ke atas gawang.

Menit ke-85 giliran Haaland yang nyaris mencetak gol lewat duel Udara, lalu menyundul bola ke arah gawang dari Jarak dekat. Sayang bola melebar tipis ke tiang kanan gawang.

Menit ke-87, Mohammed Kudus melepaskan sebuah operan rendah tepat di luar kotak penalti untuk menemukan rekan se-timnya, namun salah seorang pemain bertahan lawan dengan tenang menghalau ancaman ini. Tendangan sudut bagi West Ham.

Semenit kemudian, West Ham menambah gol lewat sundulan Tomas Soucek yang menerima umpan silang dari titik sudut. Bola melesak ke sisi kiri bagian dalam gawang.

Sayangnya, wasit kemudian melihat VAR dan menganulir gol ini. Soucek tampak tangannya lebih dulu menyentuh bola alias handball.

Wasit john Brooks memberikan tambahan waktu 5 menit untuk babak kedua. Phil Foden keluar, digantikan Mateo Kovacic.

Hingga berakhirnya babak kedua, tidak ada lagi gol tercipta. Skor akhir 3-1 untuk Manchester City, yang sekaligus membuat the Citizens keluar sebagai juara Liga Inggris musim 2023-2024.

Sementara itu, di pertandingan lain antara Arsenal menang 2-1 atas Everton. Arsenal tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat gol yang dilesakkan oleh Idrissa Gueye di meit ke-40. Tim tuan rumah menyamakan skor di menit ke-43 lewat Takehiro Tomiyasu. Lalu, menambah skor lewat Kai Haverts di menit 89.

Atas hasil ini, Manchester City akhirnya keluar sebagai Juara Liga Inggris musim 2023/2024 dengan total poin 91, 28 kali menang, 7 seri, dan 3 kali kalah.

Di posisi kedua ada Arsenal dengan total 89 poin, dari 28 kali menang, 6 seri, dan 5 kali kekalahan.

Liverpool mengoleksi 82 poin harus puas di urutan ketiga, disusul Aston Villa dengan torehan 68 poin. Sementara Chelsea ada di urutan 6 dengan 63 poin, dan Manchester City di urutan 8 yang hanya mampu meraih 60 poin.

Susunan Pemain

Manchester City : Stefan Ortega, Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol, Rodri, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Phil Foden, Jeremy Doku, Erling Haaland.
Pelatih : Pep Guardiola

West Ham : Alphonse Areola, Kurt Zouma, Konstantinos Mavropanos, Aaron Cresswell, Vladimir Coufal, Tomas Soucek, James Ward-Prowes, Emerson, Mohammed Kudus, Michail Antonio, Lucas Paqueta.
Pelatih : David Moyes.
 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network