Olimpiade Tokyo 2020 : Minions Gagal Melaju ke Semifinal

Muri, iNews.id
Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo diharapkan meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. Sayang, ekspektasi itu justru menjadi petaka. Foto: Reuters.

TOKYO, lintasbabel.id - Hasil mengejutkan kembali terjadi di Olimpiade Tokyo 2020. Setelah sebelumnya pebulutangkis tuan rumah yang juga peringkat 1, Kento Momota keok. Kali ini giliran pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal melaju ke semifinal cabor bulutangkis di nomor ganda putra Olimpiade Tokyo 2020.

Rasa kecewa jelas terlihat dari raut wajah pasangan peringkat satu dunia tersebut usai dikalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Tampak satu momen dimana Marcus/Kevin terlihat kompak membanting raketnya, ketika kehilangan angka di poin yang sangat penting. Kejadian itu terjadi di gim kedua ketika Marcus/Kevin tertinggal 13-15.

Pada saat itu, Marcus/Kevin sedang berusaha mengejar poin Aaron/Soh. Minions mencoba menyalip 15 poin milik lawan agar bisa merebut gim kedua.

Mengingat pada gim pertama kalah 14-21, maka Marcus/Kevin harus merebut gim kedua untuk bisa memaksa pertandingan lanjtu ke rubber game. Jadi, setiap poin di gim kedua sangatlah penting bagi mereka.

Ketika Marcus/Kevin kehilangan poin di momen yang sangat penting, terlebih karena kesalahan sendiri, kekesalan pada akhirnya meledak. Puncak emosinya mungkin terjadi ketika poin 13-15 berlangsung.

Pada saat itu, Marcus dianggap melakukan service fault dan membuat pasangan asal Indonesia tersebut kehilangan poin yang sangat penting untuk mengejar Aaron/Soh. Kevin yang mendengar Marcus melakukan kesalahan saat melakukan servis lantas meluapkan emosinya dengan membanting raket dengan sangat kencang.

Marcus juga terlihat membanting raketnya. Namun, tak sekencang dan seemosi Kevin. Sementara di sisi lain, Aaron/Soh terlihat gembira karena mendapatkan poin secara cuma-cuma dari Minions.

Minions adalah harapan besar Indonesia untuk meraih medali emas dari sektor ganda putra, namun ternyata mereka justru kesulitan untuk menebus ke semifinal.

Pada akhirnya Marcus/Kevin pun takluk dari Aaron/Soh lewat dua gim langsung dengan skor 14-21 dan 17-21 pada Kamis (29/7/2021).

Di Bawah Tekanan

Rupanya harapan masyarakat Tanah Air itu membuat keduanya bermain di bawah tekanan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Marcus seusai pertandingan melawan Aaron/Soh di Musashino Forest Plaza, Tokyo, Jepang. Menurutnya, dirinya dan Kevin telah gagal mengantisipasi tekanan di ajang besar seperti Olimpiade Tokyo 2020.

Tekanan itu lantas diakui Marcus mempengaruhi permainan mereka. Alih-alih dapat bermain bebas dan sebaik mungkin, mereka justru tampil di bawah performa terbaiknya.

Status peringkat satu dunia dan harapan dapat menyumbangkan medali emas diduga menjadi penyebab Marcus/Kevin bermain di bawah tekanan. Terlebih lawannya adalah Aaron/Soh yang selalu menang selama tujuh pertemuan sebelumnya.

“Kami tidak dapat bermain baik (saat melawan Aaron/Soh). Kami bermain di bawah tekanan sejak laga baru dimulai. Kami rasa kami perlu untuk mengevaluasi segalanya,” ungkap Marcus, seperti yang diwartakan di laman resmi BWF.

Selain karena bermain di bawah tekanan, Marcus juga mengakui kapasitas Aaron/Soh. Dia menilai lawan dapat bermain lepas karena tampil tanpa ada tekanan.

“Lawan kami (Aaron/Soh) bermain nothing to lose. Mereka bermain dengan sangat baik dan fokus menyerang kami. Kami justru bermain di bawah performa kami. Kami gagal mengatasi tekanan dari ajang besar seperti ini,” tambah Marcus.

Kekalahan Marcus/Kevin jelas tentu sangat disayangkan. Padahal mereka bersama Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan diharapkan mampu menyumbangkan medali di Jepang. Bahkan, harapan terjadinya all-Indonesian final sempat menyembul.

Kabar baiknya Ahsan/Hendra dapat melalui babak perempat final dengan baik saat melawan wakil tuan rumah, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Dengan begitu Indonesia masih memiliki harapan meraih medali di sektor ganda putra.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network