Jelang Pemilu 2024, Ketua Panwascam Gerunggang Minta Petugas PTPS Stop Dulu Ngopi Bareng Caleg

Muri Setiawan
Ketua Panwascam Gerunggang Kota Pangkalpinang, Anwar hadi. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muri Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Gerunggang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menggelar bimbingan teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu Serentak tahun 2024, Senin (5/2/2024) di SMK Negeri 2 Pangkalpinang. 

Ketua Panwascam Gerunggang, Anwar Hadi meminta para petugas PTPS untuk tidak lagi ngopi bareng calon legislatif (caleg).

"Yang biasanya sering ngopi dengan calon legislatif, setelah Anda semua dilantik mohon jangn dulu ngopi bareng calon legislatif, fungsinya untuk menghindari hal tidak diinginkan. Jaga integritas serta netralitas Anda sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)," tutur Anwar sambutannya.

Dia mengatakan bahwa PTPS merupakan garda terdepan pengawasan pada saat hari pemungutan suara. Karenanya, dia meminta petugas PTPS dapat memberikan laporan jika terjadi sesuatu hal yang menyimpang.

"Apabila ada suatu hal menyimpang, catat dan laporkan ke PKD secara berjenjang, hingga sampai Bawaslu Kota," katanya.

Hal tersebut, kata Anwar, sesuai dengan Pasal 43 ayat (3) Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2020, mengenai tugas PTPS meliputi, pencegahan dugaan pelanggaran Pemilu, pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu, pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara, penerimaan laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu, penyampaian laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran, serta Pemilu atau pemilihan kepada Panwaslu Kecamatan/Panwas Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa/Pkd.

"Insya Allah PTPS yang telah dilantik ini merupakan hasil terbaik dari tahapan proses yang ketat. Harapan saya selaku Ketua Panwascam meminta seluruh PTPS dapat bekerja bersungguh-sungguh, kredibel dan menjaga kode etika sebagai penyelenggara pemilu, ujarnya.

Dia juga meminta PTPS dapat menjalankan tugas dan bisa menjalin kerjasama dengan mitra, dengan KPPS dan elemen penyelenggara lainnya. 

Narasumber dalam bimtek kali ini adalah Anggota Panwascam Gerunggang, Kasisnawati yang menyampaikan materi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), dan materi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HPPH) dan PPK oleh Fahmi Ramadhan, juga Ketua PPK Gerunggang, Danu Miharja menyampaikan materi Perhitungan suara.

Selain itu, dilakukan juga simulasi pungut hitung oleh Kelompok Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

 

 
 

 

 



Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network