MHH Muhammadiyah dan Prodi Kriminologi UNMUH Babel Gelar Konsolidasi Hukum Jelang Pemilu 2024

Joko Setyawanto
Muhammadiyah Legal Forum dengan Tema Konsolidasi Hukum Jelang Pemilu Serentak 2024, akan digelar di Kampus Unmuh Babel, Sabtu (2/12/2023) besok. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Majelis Hukum & HAM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Babel (MHH PWM) bersama Program Studi Kriminologi Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Babel, menginisiasi kegiatan Muhammadiyah Legal Forum dengan tema 'Konsolidasi Hukum Jelang Pemilu Serentak 2024'.  

MHH PWM mengundang narasumber kunci antara lain j Gubernur Babel, Kapolda Babel, Kajati Babel, Ketua DPRD Babel, Ketua KPU Babel, Ketua Bawaslu Babel, dan akademisi hukum.

"Kegiatan ini sendiri rencananya akan digelar pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 pukul 08.00 WIB di Kampus Universitas Muhammadiyah Babel," ujar Didi Firmansyah, SH selaku Ketua Pelaksana, Jumat (1/12/2023).

Didi menjelaskan, agenda ini merupakan diseminasi terhadap ikhtiar mencari solusi dan strategi dalam menciptakan situasi kondusif dalam pelaksanaan Pemilihan Umum yang berkeadilan untuk kemashalatan umat.

Momentum pesta demokrasi Pemilihan Umum Serentak yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang telah semakin dekat dan diwarnai dengan sejumlah dinamika politik dan hukum yang begitu dinamis.

"Terbaru, pasca penetapan nomor urut dan pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden, intensitas dinamika politik telah semakin bergema dan menjangkau semua kalangan, di semua media yang memungkinkan menjadi sarana kampanye," kata  Sekretaris MHH PWM Babel, M. Wirtsa Firdaus.

Momentum jelang pesta demokrasi, kata Wirtsa, menjadi penting untuk melakukan pemetaan terhadap kerawanan potensi pelanggaran pemilu.

"Untuk itu, diperlukan konsolidasi hukum dan penguatan pendidikan kesadaran politik, baik di kalangan pemerintah, aparat hukum, pelaksana dan pengawas pemilu maupun masyarakat. Semoga kegiatan ini, dapat memberikan manfaat bagi perjalanan dan persiapan pemilu ke depan," tutur Wirtsa.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network