Genjot Produksi Beras Lokal, DPKP Babel Siapkan 12.108 Hektare Lahan Sawah

Irwan Setiawan
Kepala DPKP Provinsi Babel, Edi Rumdoni. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

Strategi untuk mengejar target itu, lanjut Edi, bisa dengan dua kali tanam atau lebih, sebab indeks pertanaman (IP) itu bisa empat kali tanam dalam satu tahun, namun Babel hanya bisa dua kali tanam dalam setahun. 

"Kalo dua kali nanam ya lebih banyak lagi, IP itu ada sampai empat kali tanam,  setahun dengan jenis varietas yang cepat irigasi terus menerus di beberapa daerah itu bisa IP 400 untuk areal tertentu. Di kita masih sekali atau dua kali tanam," ujarnya. 

Ia mengumpamakan, jika 12.108 hektare lahan sawah itu menghasilkan misalnya 4 ton beras, angka itu masih jauh untuk mencukupi kebutuhan beras lokal Babel. Dari 4 ton beras itu diprediksikan sekitar 27 persen, sementara kebutuhan beras Babel 176 ton pertahun dan itu dipasok dari luar. 

"Kita baru mencukupi itu 48 ribu ton 12 ribu kali 4 empat ton beras misalnya, dibagi 176 ton andil kita baru 27 persen. Ini yang terus kita tingkatkan, jangan menghayal 100 persen, karena kita bukan daerah sentra. Harapan kita ya meningkat dari 27, 30, 40 persen," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network