PAW Wabup Tak Kunjung Dilantik, Ratusan Warga Geruduk Kantor Bupati Bangka Tengah

Rachmat Kurniawan
Ratusan warga mendatangi Kantor Bupati Bangka Tengah, mempertanyakan mengapa PAW Wakil Bupati tak kunjung dilantik. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Sekitar 100 orang warga Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendatangi Kantor Bupati menuntut Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati terpilih yakni Era Susanto dapat segera dilantik, pada Kamis (26/10/2023). Kedatangan warga tersebut disambut langsung oleh Bupati Bateng, Algafry Rahman didampingi Kapolres Bateng, AKBP. Dwi Budi Murtiono, S.IK, MH.

Warga mendesak, Wabup Era Susanto yang terpilih di DPRD Bateng pada Maret 2023 lalu, segera dilantik. 

"PAW Wakil Bupati ini kan sudah lama terpilih, artinya masyarakat ini ingin bertanya sudah sampai mana proses SK pelantikan Wakil Bupati ini berjalan. Masyarakat banyak yang bertanya kenapa PAW Wakil Bupati belum dilantik-lantik. Kami juga ingin pemerintah daerah berperan aktif untuk menyelesaikan ini," ujar penanggung jawab aksi, Marwan pada Kamis (26/10/2023).

Walaupun berkas dan proses penetapan pelantikan PAW Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah telah berada Kementerian Dalam Negeri, namun dikatakan Marwan, masyarakat hanya mengetahui urusan pelantikan PAW Wakil Bupati ada di tangan Bupati. 

"Masyarakat kita ini kan taunya pelantikan hanya di tangan Bupati, makanya masyarakat kami ajak bersama-sama bertemu dengan Bupati, dan mengetahui langsung penjelasan Bupati terkait hal ini," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Algafry Rahman secara langsung menjelaskan sejauh mana proses pelantikan PAW Wakil Bupati Bateng.


Bupati Algafry Rahman menemui warga yang mendatangi Kantor Bupati Bangka Tengah, mempertanyakan mengapa PAW Wakil Bupati tak kunjung dilantik. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

"Saya pertama sangat memahami apa yang menjadi aspirasi masyarakat tentang kenapa sampai saat ini PAW Wakil Bupati belum dilantik. Di dalam prosesnya sudah kita jalankan, bukan artinya Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah tidak pernah tau tentang proses itu. Update kita jelas, sampai hari ini perkembangan prosesnya terus kita kawal. Tidak ada kita melakukan pembiaran," ujar Algafry. 

Walaupun prosesnya terus berjalan, namun dirinya menjelaskan segala kewenangan penetapan dan pelantikan PAW Wakil Bupati saat ini telah berada di tangan Kemendagri. 

"Kita ingin proses berjalan cepat, tapi saya tidak mungkin mendesak Pak Kemendagri untuk minta surat pelantikan tersebut. Karena kami tau bagaimana kapasitas kami, bahkan saya sudah beberapa kali datang Kekemendagri," ujarnya. 

Dijelaskan Algafry, setelah aksi ini pihaknya telah menerima aspirasi masyarakat dan perwakilan masyarakat akan diajak bertemu dengan Penjabat Gubernur Babel. 

"Tadi permintaan teman-teman ini mau bertemu dengan Pj Gubernur Babel, Insya Allah Pj Gubernur mau menerima. Sementara untuk proses perbaikan berkas pelantikan di Kemendagri itu sudah selesai, terakhir kita ke sana pada 22 September 2023," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network