Pemkab Bateng dan Polman Babel Jalin MoU Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengolahan Ikan

Rachmat Kurniawan
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman melihat peralatan pengolahan ikan di kampus Polman Babel. Foto: Istimewa.

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Guna mempermudah nelayan dalam proses perebusan dan pengeringan ikan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menjalin kerjasama dengan Politeknik Manufaktur (Polman) Bangka Belitung (Babel), dalam penyelenggaraan penelitian dan pengembangan teknologi perebusan dan pengeringan ikan di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bateng, pada Rabu (18/10/2023).

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Bupati Bateng, Algafry Rahman bersama Direktur Polman Babel, I Made Andik Setiawan, M. Eng, P.Hd di Gedung Auditorium Kampus Polman Babel.

"Kerjasama penelitian dan pengembangan teknologi perebusan dan pengeringan ikan ini akan berlaku selama 2 tahun. Kita memang ingin kerjasama yang bisa mengarahkan teknologi dan inovasi untuk memudahkan nelayan kita dalam perebusan dan pengeringan ikan," ujar Algafry pada Kamis (19/10/2023). 

Saat ini diakui Algafry dalam proses perebusan dan pengeringan ikan, para nelayan masih melakukannya secara manual. 

"Saya melihat langsung bagaimana teman-teman nelayan kita di salah satu desa melakukan proses perebusan ikan. Semuanya masih manual dan hanya mengandalkan perasaan. Bahkan untuk memeriksa tingkat kepanasan, nelayan masih harus main celup tangan. Maka dari situ saya mengajak Polman Babel untuk membantu kami memberikan terapan teknologi bagaimana mengolah ikan rebus lebih mudah, cepat, tepat, dan higenis," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Algafry pun turut didaulat sebagai narasumber kuliah umum bagi civitas akademika di kampus tersebut.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network