Diduga Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk Bangka Barat, 1 Orang Kembali Dimakamkan

Rizki Ramadhani
Proses pemakaman salah satu pasien meninggal dunia yang diduga terkonfirmasi Covid-19 varian Baru di Muntok Kabupaten Bangka Barat. Foto: lintasbabel.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Satgas Penanganan covid-19 Bangka Barat (Babar) kembali memakamkan satu orang warga Dusun Pait jaya, Desa Belo Laut yang diketahui berinisial K (55) terkonfirmasi positif Covid-19, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebon Nanas, Rabu (7/7/2021). 

"Yang kita makamkan ini yaitu saudari K (55) meninggal dunia malam jam 1 tadi, beliau ada penyakit penyerta hipertensi dan sudah dimakan secara protokol kesehatan. Untuk penyebaran ini diduga mutasi varian baru, karena lebih cepat reaksinya," ujar Kepala Puskesmas Muntok Harianto. 

Sebelumnya, Satgas Penanganan covid-19 Babar memakamkan jenazah M (61) yang juga merupakan warga Dusun Pait Jaya. 

Saat ini, ujar Harianto, penyebaran Covid-19 mayoritas menunjukkan gejala terkonfirmasi.

"Untuk masyarakat betul-betul penguatan 5 M, dimanapun berada karena mutasi virus sepertinya sudah beralih ke daerah kita. Rata-rata yang positif itu bergejala, kalau dulu 80% tanpa gejala atau OTG tapi sekarang yang terkonfirmasi semua bergejala," tuturnya. 

Diketahui saat ini di RT 003, Dusun Pait Jaya, Desa Belo Laut sedang menerapkan PPKM Mikro, dengan diberlakukan portal penjagaan keluar dan masuk selama 10 hari. 

"Kalau kita lihat karena kasus di Dusun Pait Jaya ada 13 orang yang positif termasuk almarhum K ini, potensial penularan yang terkonfirmasi sebelumnya," ucapnya. 

Harianto mengatakan, pihaknya akan melakukan tes Covid-19, kepada keluarga almarhum guna memutuskan rantai penyebaran Covid-19. 

"Penelusuran ini masih dapat kajian ini, tapi penularan ini sangat cepat. Nanti siang, kami akan melakukan pengecekan swab PCR kepada keluarga almarhum," ungkapnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network