Rusia Diyakini Hanya Bisa Bertahan Beberapa Pekan Hadapi Serangan Balasan Ukraina

Joko Setyawanto
Presiden Prancis Emmanuel Macron, menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di istana Elysee di Paris, Minggu, 14 Mei 2023. Foto: AP.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.id - Presiden Perancis Emmanuel Macron memprediksi pasukan pendudukan Rusia tidak akan bertahan lama menghadapi gelombang serangan balasan Ukraina dan perang yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini akan segera berakhir dalam beberapa pekan ke depan.

Dilansir dari kantor berita Rusia, TASS (13/6/2023), presiden Emanuel Macron dalam keterangan persnya menyebutkan keyakinannya bahwa operasi militer berupa serangan balasan Ukraina yang telah dimulai beberapa hari yang lalu berjalan sesuai rencana. Serangan yang sudah dipersiapkan sejak lama ini diyakininya akan mampu memaksa pasukan Rusia meninggalkan wilayah Ukraina.

Dukungan persenjataan canggih mulai dari sistem pertahanan udara, rudal jarak jauh, hingga kendaraan tempur dari negara-negara barat akan mengubah jalannya pertempuran dan menempatkan posisi pasukan Ukraina mampu menandingi persenjataan Rusia. Terlebih moral pasukan Ukraina yang berjuang untuk membebaskan tanah airnya, akan menjadi kekuatan ekstra untuk mengalahkan pasukan Rusia yang dinilai mulai kehilangan motivasi bertempur.

Dalam kesempatan itu, Macron menegaskan bahwa dukungan yang diberikan Perancis maupun negara-negara barat lainnya hanya untuk membebaskan wilayah Ukraina yang diduduki Rusia, bukan untuk menyerang teritorial Rusia.

"Serangan balasan Ukraina dimulai beberapa hari yang lalu. Itu telah direncanakan dengan matang. Serangan balasan ini akan berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Kami melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya dalam bingkai yang telah kami uraikan sejak awal konflik: untuk menghukum Rusia guna menghentikan upaya militernya, untuk membantu Ukraina melawan dan merebut kembali wilayahnya , tetapi untuk tidak pernah menyerang Rusia dan menghindari segala bentuk eskalasi konflik ini," kata presiden Macron.

Dikatakan Macron, keberpihakan Perancis dalam konflik ini hanya didasarkan pada keinginan untuk berpartisipasi mewujudkan perdamaian yang berlandaskan pada hukum internasional.

"Jelas hari ini bahwa Ukraina tidak akan ditaklukkan, bahwa satu-satunya perdamaian yang dapat diterima saat ini adalah yang didasarkan pada hukum internasional dan pilihan berdaulat rakyat Ukraina," kata Macron.

Dukungan yang diberikan Perancis ini akan terus berlanjut hingga perang benar-benar berakhir dan Ukraina dapat memulihkan kondisi kembali seperti sediakala, sebelum terjadinya agresi militer Rusia.

"Dukungan abadi kami untuk Ukraina harus berlanjut untuk waktu yang lama, baik itu bantuan politik, militer, ekonomi, kemanusiaan atau bantuan yang terkait dengan pemulihan [Ukraina]," kata Macron.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network