Profil dan Biodata Ganjar Pranowo, Calon Presiden PDIP yang Viral Gegara Timnas Israel

Muri Setiawan/ Net Lintasbabel.iNews.id
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Foto: Okezone.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Profil dan biodata Ganjar Pranowo, banyak dicari oleh publik Tanah Air. Terlebih usai dirinya ditetapkan sebagai Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang akan bertarung di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.


Momen Ganjar Pranowo dipasangkan kopiah oleh Megawati Soekarnoputri. Foto: Tangkapan Layar/ iNews.id
 

Berikut ini profil singkat Ganjar Pranowo yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Sosok Ganjar Pranowo saat ini dikenal sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dia sendiri cukup populer sebagai tokoh politik, karena beberapa aksinya yang berinteraksi dengan warganya, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Belakangan, nama Ganjar kian menyeruak ke publik lantaran sikapnya menolak Timnas Israel bertanding di ajang Piala Dunia U-20 tahun 2023, yang sekaligus membuat Indonesia batal menjadi tuan rumah event bergengsi tersebut.

Ganjar Pranowo S.H., M.IP lahir di Karanganyar pada 28 Oktober 1968. Dia dikenal sebagai sosok yang cerdas dan percaya diri. Pria kelulusan Universitas Gajah Mada ini aktif berorganisasi sejak dirinya masih duduk di bangku kuliah.

Ganjar merupakan pribadi yang mudah bersosialisasi dengan masyarakat sehingga menjadi tokoh publik yang mudah ditemui. Bahkan, dia memberikan kenyamanan masyarakatnya untuk berkomunikasi secara langsung dengan santai kepada dirinya. 

Pemilik nama lengkap H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP ini tercatat sebagai lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kemudian melanjutkan pendidikan Pascasarjana Ilmu Politik di Universitas Indonesia (UI).

 
Ganjar adalah anak kelima dari enam bersaudara dengan ayah bernama Parmudji Pramudi Wiryo dan ibunya Almh. Sri Suparmi. Nama kecilnya sebenarnya adalah Ganjar Sungkowo, namun saat masuk SD dirubah oleh ayahnya menjadi Ganjar Pranowo.

Sejak duduk di bangku kuliah sudah aktif terlibat di organisasi kemahasiswaan. di FH UGM dia bergabung di Majestic-55 (Mahasiswa Justicia Club), sebuah organisasi mahasiswa pecinta alam (mapala). Bahkan pada tahun 1988, dia dipercaya menjadi Ketua Majestic-55, hingga tahun 1990.

Tak hanya itu, dia juga aktif di Gerakan Demokrat Kampus atau Gedek. Dari sinilah Ganjar akhirnya mengenal dunia politik, setelah sempat bertemu dengan Soetardjo Soerjogoeritno alias Mbah Tadjo. Ganjar juga tercatat sebagai anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Pria kelahiran 28 Oktober 1968 di Karanganyar ini, memiliki hobi gowes sepeda. Bukan tanpa alasan, hobi ini ternyata dilakoninya sekaligus untuk bisa menyapa warganya secara dekat. Penelusuran Lintas Babel, Ganjar setidaknya memiliki koleksi sepeda sebanyak 8 unit.


Gubernur Ganjar Pranowo di tengah ribuan orang dalam Konser Trisakti peringatan Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg, beberapa waktu silam. (Foto: Istimewa)
 

Selain Gowes Sepeda, Ganjar juga begitu mencintai musik rock, sampai-sampai di adijuluki Rockin Governor for Jateng Democracy, lantaran getol kampanye dengan musik rock.

Soal penampilan, Ganjar mungkin merupakan bagian dari sedikit pejabat yang tampil sederhana. Di beberapa kesempatan, Ganjar tampak santai mengenakan kaos oblong dengan tulisan nyeleneh seperti No Mudik No Cry, atau Lagi Wabah Becik Ning Omah. Dipadu-padankan dengan celana jeans.

Setelah lulus dari FH UGM, Ganjar bekerja di PT Prakasa, sebuah lembaga konsultan HRD yang berkantor di Jakarta. Dia juga sempat bekerja di PT Prastawana karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti.

Pengagum Sung Karno ini mulai menasbihkan dirinya ke dunia politik pada tahun 1996, ketika PDI mengalami dualisme kepemimpinan antara Soerjadi dan Megawati Soekarnoputri. Tentu saja, Ganjar memilik trah idolanya, PDI Megawati, yang terus bertahan hingga sekarang.

Pemilu 2004 Ganjar mencoba 'peruntungan' mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, namun tidak terpilih. Nasib baik lantas menghampirinya, karena dia ditunjuk sebagai pengganti anta waktu (PAW) Jakob Tobing (dapil Jawa Tengah 7) yang ditunjuk Presiden Megawati sebagai Dubes Ri untuk Korea Selatan.

Dia pada periode 2004-2009, menjadi anggota Komisi IV bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan di DPR RI. Juga sempat menjabat sebagai Ketua Pansus RUU Partai Politik, anggota Badan Legislasi DPR RI, dan Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Periode kedua (2009-2014) Ganjar terpilih kembali sebagai anggota DPR RI, dan ditugaskan di Komisi II bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformsi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan, dan Reformasi Agraria. Di periode ini, namanya mulai mencuat karena masuk di jajaran Pansus Hak Angket Bank Century sekaligus Wakil Ketua Komisi II.

 

Tahun 2010-2013, Ganjar dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI.

Setelah itu, tepatnya di tahun 2013, Ganjar mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah berpasangan dengan Heru Sudjatmoko, yang diusung oleh PDIP. Dengan perolehan suara 48,82 persen, Ganjar-Heru akhirnya terpilih sebagai Gubernur dan Wkail Gubernur Jawa Tengah hingga tahun 2018.

Tak cukup sekali, Ganjar kembali maju di Pilkada Jawa Tengah. Namun kali ini dia berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen, dengan pesaingnya Sudirman Said-Ida Fauziyah. Ganjar-Yasin memperoleh 10.362.694 suara atau 58,78%. Keduanya sampai saat ini masih memimpin Provinsi Jawa Tengah hingga tahun 2023.


Biodata Ganjar Pranowo

 

Nama : H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP
Lahir : 28 Oktober 1968, di Karanganyar, Jawa Tengah
Istri : Hj. Siti Atikoh Suprianti
Anak : Zinedine Alam Ganjar
Orang Tua : Pamuji (Ayah), Almh. Sri Suparmi (Ibu)
Agama: Islam

Riwayat Pendidikan :

  • SDN 1 Kutoarjo
  • SMPN 1 Kutoarjo
  • SMA BOPKRII Yogyakarta
  • Universitas Gajah Mada, Fakultas Hukum
  • Universitas Indonesia, Pascasarjana Ilmu Politik

Karir :

  • Konsultan HRD PT. Prakarsa 1995-1999
  • Anggota Komisi IV DPR RI 2004-2009 (Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, Pangan) 2004-2009
  • Wakil Ketua Komisi II DPR RI (Bidang Pemerintahan Dlm Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan Dan Reformasi Agraria) 2009-2013
  • Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI 2009-2010
  • Anggota Timwas Century di DPR RI 2010-2013
  • Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI 2007-2009
  • Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI 2007-2009
  • Anggota Badan Legislasi DPR RI 2004-2010
  • Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI 2009-2010
  • Sekretaris I Fraksi PDIP DPR RI 2007-2009
  • Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI 2010-2013
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

Itulah tadi profil dan biodata Ganjar Pranowo, semoga bisa menambah khasanah dan informasi untuk Anda.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network