Amalan-Amalan Bertaubat Sebelum Tidur, Salah Satunya Mengingat Kematian

Widaningsih
Amalan-amalan berikut ini bagus dilakukan sebelum tidur, salah satunya adalah mengingat kematian. Foto: Ilustrasi/ Net.

Demikian pula ketika kita tidur, bisa jadi waktu itu pula kematian akan datang. Karena itu, dianjurkan untuk bertaubat sebelum tidur.

Mengutip tulisan Ustadz Muhammad Wasitho Abu Fawwaz, Lc, yang diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, menyebutkan banyak amalan yang dapat mendorong seorang hamba bertaubat kepada Allâh sebelum tidurnya.

Amalan-Amalan Bertaubat Sebelum Tidur

1. Melakukan Muhasabah

Sebelum tidur hendaklah seorang hamba mengintrospeksi diri (muhasabah) atas segala perkataan maupun perbuatannya sepanjang hari, baik yang berkaitan dengan hak-hak Allâh maupun hak-hak sesama manusia.

Jika dia telah melakukan amal saleh, maka hendaknya dia bersyukur dengan memuji Allâh dan memohon kepada-Nya tambahan nikmat. Dan memohon kepada-Nya pula agar senantiasa diberi taufiq dan kesanggupan untuk dapat melaksanakan amal ketaatan.

Namun jika sebaliknya, maka hendaknya dia segera bertaubat dan memohon ampunan kepada-Nya serta bertekad untuk segera melakukan kebaikan. Tentang muhâsabah, Allâh Azza wa Jalla berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allâh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allâh. (QS al-Hasyr:18).

Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu berkata, “Hisablah diri kalian sebelum dihisab, dan timbanglah amal kalian sebelum ditimbang (oleh Allâh) ….”.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network